BPJS JAMIN PELAYANAN SELAMA MUDIK LEBARAN DIPERMUDAH

Jumat, 23 Juni 2017 | 12:58:33

Purworejo,(purworejo.sorot.co)--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjamin bagi para peserta yang sedang mudik lebaran tahun 2017 bakal mendapat pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Oleh karena itu, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS.

Informasi tersebut disampaikan oleh KepalaKantor Cabang Kebumen BPJS Kesehatan, Maya Susanti, dalam siaran pers yang diterima sorot.co, Kamis (22/6/2017). Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Maya menjelaskan, untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Wonosobo yang menjadi wilayah kami,” katanya.

Menurut Maya, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” imbuh dia.

Lebih lanjut dikatakan, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

“Jadi pada prinsipnya kita selalu berusaha memberikan kemudahan bagi peserta,” jelasnya.