BUPATI PURWOREJO TEMUA GUBERNUR DIY BAHAS PROSPEK NYIA

Rabu, 11 Oktober 2017 | 12:51:20

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Wilis Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jum’at (6/10). Pertemuan tersebut dilakukan guna membicarakan mengenai prospek kerjasama antara kedua daerah terkait keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Bupati Purworejo saat ditanya awak media usai pertemuan mengatakan jika pertemuan itu lebih banyak membicarakan mengenai pengembangan wilayah, seiring adanya pembangunan NYIA di Kulonprogo.

Berlokasi di Kulonprogo yang memiliki jarak sangat dekat dengan Purworejo, keberadaan bandara internasional itu akan sangat banyak mewarnai pengembangan pembangunan di wilayah Kabupaten Purworejo, khususnya di wilayah selatan. Setidaknya ada tiga kecamatan yang akan disiapkan menjadi bordercity dan diarahkan menjadi kawasan perindustrian.

Pihaknya siap menyediakan 2.000 hektar lahan untuk pengembangan wilayah selatan-selatan Purworejo dimana akan diintegrasikan keberadaannya dengan NYIA. Dan hal itu perlu adanya dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak utamanya DIY sehingga nantinya semua bisa terintegrasi dengan baik.

"Artinya kalau di DIY itu ada aerocity, kita akan kembangkan bordercity dan ini akan saling melengkapi keduanya," jelas Bupati.

Dalam lima tahun kedepan, Pemkab Purworejo juga akan melakukan perencanaan pengembangan industri dan pelabuhan laut dalam. Adanya pelabuhan menjadi cukup vital bagi Purworejo ataupun DIY karena selama ini belum ada pelabuhan laut dalam di kawasan selatan.

Dengan adanya pelabuhan tersebut akan menjadi pelabuhan internasional dan perdagangan dimana kontainer luar negeri bisa dengan mudah masuk melalui Purworejo. "Ini akan sangat menguntungkan tidak hanya kami tapi juga DIY," tegasnya.

"Secara umum, respon Sultan sangat baik dan ini memang menjadi momentum yang ditunggu untuk menyelaraskan DIY dan Purworejo. Purworejo sendiri nantinya akan menjadi pintu gerbang utama wilayah Provinsi Jawa Tengah dari NYIA dan disini kami ingin mengambil bagian dalam rangka kehadiran NYIA tersebut," tambahnya.

Kepala Bappeda DIY Drs Tavip Agus Rayanto MSi yang mendampingi Sultan saat pertemuan, jika pertemuan itu akan ditindaklanjuti dengan rapat bareng antara Purworejo dan Kulonprogo. “Karena dalam kaitan kerjasama aerotropolis yang ada itu kan tidak bisa dibatasi oleh adminstrasi. Ndak boleh itu," kata Tavip.

Disampaikan pula jika rencana pembangunan kota perbatasan juga akan membahas banyak hal diantaranya potensi kemacetan, daya dukung ekonomi dan daya dukung lingkungan dimana harus dibahas bersama oleh kedua belah pihak.

Usai pertemuan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Bupati Purworejo menyempatkan untuk bertukar cindera mata. Gubernur juga memberikan kesempatan untuk foto bersama dengan Wakil Bupati Purworejo beserta seluruh pejabat yang mendampingi kedatangan Bupati Purworejo.

Saat Bupati Purworejo bersamalam untuk berpamitan, Gubernur sempat mengatakan bahwa suatu saat dirinya akan mampir ke Purworejo. "Kapan kapan saya tak mampir kesana," kata Sultan kepada Bupati Purworejo sebelum beranjak kembali masuk ke ruang dalam.