CFD MASIH BISA DILAKSANAKAN

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 11:37:45

Penutupan alun-alun karena akan dimulainya pelaksanaan pembangunan alun-alun Purworejo, juga diikuti pemindahan Pedagang Kaki Lima (PKL) baik yang berjualan pada pagi bersamaan dengan Car Free Day (CFD) maupun sore di sisi timur dan sisi barat. “Namun untuk kegiatan olahraga masih bisa tetap dilakukan di seputar alun-alun Seperti biasanya. Hanya saja untuk PKL sudah dicarikan tempat untuk aktivitas berjualan,” jelas Sekda Drs Said Romadhon.

Said Romadhon yang ditemui usai mengikuti upacara peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan  RI, di alun-alun Kutoarjo tersebut juga mengatakan, untuk pelayanan publik di CFD mulai Minggu besok (20/8), juga masih tetep sama seperti semula. Pelayanannya meliputi E-KTP, Perpustakaan tempat baca, Samsat, BPD Jateng, dll, akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UMKM  dan Perdagangan Dra Suhartini MM melalui Kabid UMKM Dra Titik Mintarsih MPd menjelaskan, untuk PKL CFD akan berpindah menempati jalan Mayjen Soetoyo atau depan Satlantas ke selatan hingga SMPN 1 Purworejo. Jumlahnya mencapai 280 PKL yang di CFD sudah bersepakat untuk berpindah. Sedangkan pembagian lokasi dan penataan akan dilakukan ketua paguyuban PKL CFD yang disesuaikan kebutuhan PKL. Pada Minggu (20/8) mendatang Dinkop UMKM dan Perdagangan akan melakukan evaluasi tentang penataannya.

“Apakah penataannya dan jumlah PKLnya sudah sesuai atau belum. Untuk 280 PKL agar mendaftarkan kembali kepada ketua paguyuban untuk bisa didata ulang dan memastikan penempatan lokasinya. Jadi besok yang berjualan harus yang sudah mendaftar. Yang penting kami minta semua PKL untuk bisa menjaga kebersihan, kerapian, ketertiban, dan kenyaman. Sehingga selepas CFD, jalan tetap bersih dan aman untuk lalu lintas kendaraan,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi ketika dikonfirmasi, membenarkan akan dilakukan penutupan lalu lintas di jalan Mayjen Soetoyo atau mulai depan SD Pangen Gudang sekitar 1 kilometer ke arah utara sampai selatan Satlantas. Mulai pukul 05.30 WIB – 09.00 WIB. "Kmudian untuk seputar alun-alun dpan masjid dan depan pendopo kami menyesuaikan sehingga akan ditutup sepetti biasanya. Lebih dari jam itu akan difungsikan lalu lintas normal seperti sediakala" jelasnya.

“Setiap penggalan jalan juga akan ditutup yang terdapat 4 lokasi yakni 2 di sisi barat dan 2 di sisi timur. Masing-masing sebelah barat SMPN 1, sebelah Rutan, sebelah rumah dinas Kapolres, dan sebelah klinik DKT. Sedangkan rekayasa lalu lintas dari arah barat, akan dilewatkan

Terkait pentas seni yang biasa di depan Pendopo,  Kepala Kesbangpol Gatot Seno Aji SSos mengaku akan melihat situasi dulu pada CFD Minggu (20/8). Jika masih ramai seperti biasanya, maka akan dilakukan pentas seni ditempat yang sama. Namun kalau sepi pengunjung, kemungkinan tidak akan menggelar pentas seni di depan Pendopo. Dan juga tidak akan mengadakan pentas seni di jalan Mayjen Soetoyo karena tempatnya yang kurang memungkinkan. “Rencananya pentas seni digelar ditempat-tenpat wisata yang ramai. Karena bukan dana APBD melainkan dari sponsor jadi tidak harus di CFD. Permintaan sponsor lebih pada keramaian yang banyak pengunjungnya,” katanya.