DITEMUKAN MIRIP CANDI DI SIDOMULYO

Selasa, 30 Agustus 2016 | 15:22:00

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Anggota DPR RI Komisi X, Bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata, Ir. Bambang Sutrisno, berkunjung ke lokasi penemuan bebatuan mirip candi di Bukit Pajangan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, Senin (29/08/2016). Bambang yang datang ditemani dua tenaga ahli langsung melakukan peninjauan di lokasi.

Dalam kunjungannya itu, pasca melihat bentuk serta kondisi bebatuan, Bambang Sutrisno meyakini bahwa bebatuan di Bukit Pajangan yang mirip dengan susunan candi itu merupakan sebuah situs. "Iya saya yakin ini situs, dengan potongan-potongan batu yang berukuran kira-kira 3,5 meter ini,  pasti bukan karna lahir dengan sendiriya, pasti ada campur tangan manusia," katanya.

Namun demikian, pihaknya belum bisa menyatakan secara pasti, apakah bebatuan itu merupakan situs atau bukan, dan pihaknya masih akan berupaya mendatangkan tim ahli untuk melakukan penelitian lebih lanjut, serta akan membantu pembangunan infrastruktur di Desa Sidomulyo.

"Nanti para ahli saya mohon untuk meneliti kembali tentang fenomena batu di Desa Sidomulyo ini. Saya juga akan memusyawarahkan di Komisi X nanti supaya pembangunan infrastruktur desa terutama akses jalan menuju lokasi penemuan situs ini bisa diperlebar," katanya.

Selain menjadi anggota DPR RI beliau yang juga sebagai seorang arsitektur juga mengagumi bangunan batu di Bukit Pajangan itu.