KALIGESING MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA DESA

Senin, 26 Oktober 2015 | 11:44:03

Potensi alam dan sumber daya manusia di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing telah diramu menjadi sebuah kekuatan untuk mendatangkan sumber pendapatan asli desa. Keberadaan dua objek wisata unggulan yang dikelola Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) yakni Curug Siklotok di Dusun Jeketro dan Taman Sidandang di Dusun Kedungrante, telah mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.
 

Suroto, Kepala Desa Kaligono mengatakan jika untuk menjual desa wisata, pihaknya telah menyediakan paket-paket wisata kepada para wisatawan. Setidaknya ada dua paket wisata yang ditawarkan dengan rate harga Rp 95.000 per orang dan Rp 125.000 per orang.

"Paket-paket itu bisa kita layani dengan miniman satu rombongan sebanyak 20 orang," ujar Suroto

Diluar kedua paket itu, pihak pengelola desa wisata juga memberikan berbagai paket atraksi dan seni budaya kepada wisatawan. "Di luar paket yang ada, kami juga menawarkan paket atraksi dan seni budaya. Dari paket itu, bisa dipilih oleh rombongan wisatawan, setidaknya ada 7 atraksi budaya," tambah Suroto.

Bagi wisatawan yang hendak bermalam, pengelola juga menyediakan homestay-homestay yang keberadaannya tersebar di seluruh wilayah desa. "Dengan menginap di lokasi, pengunjung bisa menghabiskan waktu seharian di Kaligono dan kami jamin akan merasa puas dengan berbagai fasilitas yang kami berikan," imbuh Suroto.

Lebih jauh Suroto menyatakan jika desa wisata telah dikembangkan Kaligono sejak awal tahun 2011. Untuk pengembangan lokasi wisata, pihaknya juga pernah mendapatkan pendampingan dari PNPM Pariwisata selama tiga tahun.

"Bahkan di tahun 2014 lalu kita masuk dalam 10 besar desa wisata tingkat nasional," tambahnya.

Suroto mengungkapkan jika sebagian besar warga yang terdiri dari 4.293 jiwa tersebar di 11 pedukuhan dan 41 rukun tetangga dan menempati areal seluas 983,310 hektar. Adapun hasil perkebunan utama adalah manggis, durian, kokosan dan cengkih.