KARNAVAL KEMERDEKAAN RI BERLANGSUNG MERIAH

Kamis, 24 Agustus 2017 | 11:42:05

Karnaval yang ditampilkan rutin setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI, untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lebih ditonjolkan pada fashion yang beraksi dengan berbagai kreasi yang unik. Seperti karnival yang diikuti peserta dari SD dan SMP pada Selasa sore ini (22/8) yang star dari lapangan Garnisun. Fashionnya beragam ada yang terbuat dari spon, busa, barang bekas, hingga kardus.

Masing-masing peserta unjuk kebolehan dengan balutan kostum meriah yang rata-rata ukurannya lebar. Seperti kostum burung garuda, kupu-kupu, burung merak, ikan, dll.  Fashion yang dikenakan para peserta tersebut, dipamerkan didepan panggung kehormatan yang langsung disaksikan Bupati, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), para asisten Sekda, dinas instansi, Ketua DWP dan TP PKK.

Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Wisata Dinas Pariwisata Purworejo Anggorowati SH MM mengakui peringatan tahun ini berbeda khususnya pada kirab. Tahun sebelumnya konsepnya karnaval, namun untuk tahun ini konsepnya karnival. Artinya lebih menonjolkan pada fashion dengan aneka inovasi masing-masing peserta. juga sebagai gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya. Salah satu tujuannya untuk menyambut Romansa Wisata Purworejo 2020.

“Harapannya Kabupaten Purworejo bisa sejajar dengan kabupaten lain. Seperti carnival yang telah lebih dulu dilakukan di kota Solo, Kabupaten Magelang, Kota Pekalongan, dan yang lainnya. Kami percaya Kabupaten Purworejo bisa, dan alhamdulillah hari ini membuktikan peserta carnival mampu berkreasi hingga tampil sangat bagus,” jelas Lilos Anggorowati disela-sela menyaksikan carnival.

Menurutnya, termasuk juga ditampilkan karawitan di dekat panggung kehormatan sebagai penyemangat untuk memeriahkan carnival dan sebagai pengisi waktu saat menjelang carnival mulai dan usai carnival. “Karnival ini juga dinilai oleh tiga Yuri yang tersebar di titik-titik tertentu, dan tidak diketahui peserta. Untuk itu peserta harus tampil bagus dari mulai star, depan panggung kehormatan, di setiap jalan yang dilalui, hingga sampai finis,” ujar Lilos.

Karnival SD dan SMP diikuti 33 peserta terdiri 25 dari SD, MI, SDIT,  dan 8 SMP MTs. Rute diawali dari lapangan Garnizun dan finish di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo Purworejo.