LOMBA KEARSIPAN DAERAH PURWOREJO MASUK 6 BESAR

Senin, 8 Juni 2015 | 12:58:21

Untuk kesekian kalinya Pemkab Purworejo mengikuti Lomba Kearsipan Daerah (LKD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2015 ini, Pemkab Purworejo masuk tahap seleksi 6 besar bersaing dengan Kabupaten Jepara, Cilacap, Sragen, Kendal, Kebumen. Untuk itu, Tim Penilai LKD Tingkat Provinsi Jateng berkunjung ke Purworejo untuk melakukan penilaian pada Kantor Arpusda dan Sekretariat DPRD, Rabu (3/6). 

Setelah bertatap muka dengan Bupati Purworejo, Tim Penilai diterima Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Gandi Budi Supriyatno SSos, di Ruang Otonom Setda. Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari beberapa perangkat daerah seperti DPPKAD dan Sekretariat DPRD.

Dalam sambutannya Asisten Ekonomi dan Pembangunan menekankan bahwa arsip mempunyai nilai dan fungsi yang sangat strategis, baik dalam perjalanan pemerintahan maupun sejarah perkembangan suatu bangsa. Bahwa arsip adalah gambaran tentang identitas dan jati diri bangsa serta sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban. “Oleh karenanya, arsip harus dikelola secara profesional," tandasnya

Untuk itu menurutnya, Pemerintah Kabupaten Purworejo mempunyai komitmen dalam pengelolaan arsip. Perekrutan tenaga-tenaga arsiparis dan peningkatan sarana prasarana kearsipan adalah bentuk nyata komitmen Pemerintah Daerah. “Upaya tersebut terbukti dengan diraihnya sejumlah prestasi terkait kearsipan oleh Kabupaten Purworejo dalam beberapa tahun terakhir ini,” ungkapnya.

Kepada tim penilai, ia berharap bisa menemukan berbagai keunggulan dalam pengelolaan arsip di Kabupaten Purworejo. Agar bisa menjadi juara dan mampu meraih prestasi saat mewakili Jawa Tengah pada level yang lebih tinggi lagi", harap Gandi Budi Supriyatno.

Tim Penilai yang diwakili Ani Indrati SH menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Purworejo dalam mengelola arsip. Terlebih lagi diketahui bahwa pengelolaan arsip telah menjadi obyek pemeriksaan oleh Inspektorat. "Pemkab Purworejo merupakan Pemkab yang pertama menjadikan pengelolaan arsip sebagai obyek pemeriksaan oleh Inspektorat," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, LKD merupakan sarana pembinaan, evaluasi, dan sosialisasi. Sehingga akan memotivasi konsistensi dan komitmen  dalam mengelola arsip. Untuk menjadi juara tentunya Pemkab harus mempunyai keunggulan dibanding lima kabupaten yang lain. “Sampaikan semua celah atau spesifikasi yang dimiliki Pemkab Purworejo kepada tim. Karena Tim akan bekerja jujur dan objektif dalam menilai", tambahnya.