PELATIHAN PERANGKAT DESA MENGGUNAKAN KOMPUTER

Senin, 11 April 2016 | 14:54:36

Sebanyak 70 pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas sebagai perangkat desa, mendapat pelatihan teknis operator komputer. Pelatihan yang diikuti peserta dari berbagai desa di 16 kecamatan itu, dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Senin (11/4).

Wakil Bupati mengungkapkan bahwa seiring dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka pemerintah desa memiliki tanggung jawab dan otoritas lebih luas untuk mengelola urusan pemerintahan desa dan pelayanan publik.

“Lahirnya undang-undang ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi pembangunan desa, sehingga diharapkan mampu memotivasi kinerja pemerintah desa, agar bekerja lebih baik, akuntabel dan profesional, sesuai dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, sekaligus mendorong suksesnya pembangunan desa di segala bidang,” katanya.

Wabup mengingatkan dengan banyaknya dana yang akan diterima desa tentu harus diimplementasikan melalui program dan kegiatan yang terencana dengan baik, dilaksanakan secara tepat mutu dan tepat guna, serta dapat dipertangunggjawabkan sesuai dengan aturan yang ada. “Dan untuk memperlancar keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban, maka penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan yang tak bisa ditawar-tawar lagi,” tandasnya.

Menurutnya, apabila di sebuah lembaga pemerintah termasuk pemerintah desa, tidak ada aparaturnya yang bisa mengoperasikan komputer atau internet, maka hal itu akan menghambat upaya menuju terwujudnya e-government.
“Dengan adanya pelatihan operasional komputer ini, diharapkan Saudara-saudara bisa menjadi garda terdepan dalam pengelolaan administrasi secara elektronik, dalam rangka memperlancar proses pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik di desa masing-masing,” harapnya.