PEMERINTAH PUSAT ALOKASIKAN DANAN 372 MILIAR ATASI SUNGAI YANG RAWAN BANJIR DI PURWOREJO

Senin, 26 September 2016 | 11:41:39

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Bagi masyarakat yang tinggal di dekat hamparan sungai atau kali, baik Sungai Bogowonto, Kali Wawar dan Sungai Cokroyasan serta sejumlah sungai lain, kini bisa bernafas lega. Sungai atau yang kerap meluap dan menyebabkan banjir saat terjadi hujan deras, atau mengalami gerusan pada dinding sungai, hingga membahayakan pemukiman warga itu, dalam waktu dekat ini akan segera ditangani oleh pemerintah. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp 372 miliar, guna mengatasi permasalahan sungai di Purworejo.

"Kejadian banjir yang terjadi pada tahun 2015 dan 2016 awal lalu, yang terjadi di sejumlah lokasi di Purworejo. Kami telah berkoordinasi dengan balai besar juga dengan Kementerian PU dan ESDM provinsi dan sebagainya, sehingga mereka meninjau ke lokasi banjir itu. Lalu mereka mendata mana-mana yang perlu ditangani," kata Kepala Dinas ESDM Purworejo, Ir. Susanto, S.Pi, sabtu (24/9/2016).

Disampaikan, sesuai informasi diterima dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak Yogyakarta, mulai tahun 2016 akhir ini, sudah ada kontrak Multiyears, yaitu penanganan Sungai Bogowonto, dan Sungai Wawar. "Dan mudah-mudahan termasuk anak-anak sungai yang kritis-kritis kemarin itu nanti bisa tertangani, nantinya berharap Balai Besar segera menumpulkan kita semua, baik pemerintah daerah, dan masyarakat, keperluanya apa dan daerah mana saja yang perlu ditangani, sehingga hal-hal yang sekiranya membahayakan keamanan masyarakat, membahayakan pemukiman, membahayakan pertanian dan lainya, bisa segera tertangani dengan dana-dana yang ada itu," harapnya.

Menurutnya, dalam penanganan masalah sungai itu, program yang akan dilaksanakan bisa dalam bentuk normalisasi, pemberian bronjong, peninggian tanggul dan lain sebagaianya. "Kewenangan itu ada di Balai Besar, tapi usulan dari kita, yaitu masyarakat, pemerintah daerah, kecamatan, dan desa," katanya.

Disebutkan, sesuai informasi dari Balai Besar, ada anggaran sebesar 165 miliyar, yang nantinya akan di manfaatkan peruntukanya untuk sungai Bogowonto dan anak sungai lainya. "Sedangkan untuk sungai Cokroyasan dan sungai Wawar, pemerintah telah menganggarkan kurang lebih sebanyak 207 miliar, itu menurut informasi dari Balai Besar saat ini, dan sudah penandatanganan kontrak," ungkapnya.

Pihaknya berharap, penangan sungai yang rencananya akan dilaksanakan selama bertahap hingga tiga tahun mendatang itu, dan dengan menggunakan dana sebesar itu akan bisa menuntaskan permasalahan sungai di Purworejo.