PJ BUPATI PURWOREJO MENJADI INSTRUKTUR UPACARA DALAM PERINGATAN HARI PAHLAWAN

Rabu, 11 November 2015 | 13:14:14

Pj Bupati Purworejo Agus Utomo SSos menjadi Inspektur Upacara dalam upacara pada peringatan hari Pahlawan 10 November 2015, yang dipusatkan di Alun-Alun Purworejo, Selasa (10/11). Hadir Unsur FKPD, Jajaran Pimpinan SKPD Kabupaten Purworejo, pimpinan BUMN – BUMD, pimpinan partai politik, ormas, para kepala sekolah, para pelajar serta tamu undangan yang lain.

“Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang,” kata Pj Bupati Purworejo  yang membacakan sambutan Menteri sosial RI Khofifah Indar Parawangsa.

Menurut Menteri sosial, saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan, produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya.

“Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita semua,” ujarnya.

Terkait pahlawan, banyak para pahlawan yang berjasa bagi negeri ini merupakan putra asli Purworejo. Antara lain Pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya WR Supratman, pahlawan revolusi Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Urip Sumoharjo, Jenderal Sarwo Edi Wibowo, Prof Dr Mr Kasman Singodimejo, ketua KNIP 1 yang merupakan embrio dari DPR, serta masih banyak lagi. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Purworejo, bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) sedang berjuang untuk bersama-sama mengusulkan Prof. Dr. Kasman Singodimedjo sebagai pahlawan nasional.