PURWOREJO KIRIM 40 ANGGOTA PENGGALANG UNTUK MENGIKUTI JAMDA

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 13:56:05

Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo mengirim 40 anggota pramuka penggalang, untuk mengikuti Jambore Daerah (Jamda) XIV tahun 2015 di Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggenuk Ungaran Kabupaten Semarang. Peserta yang terbagi dalam 4 regu terdiri 2 regu putera dan 2 regu puteri itu, secara resmi dilepas Ketua Kwarcab Purworejo yang diwakili Waka Binamuda Soekoso DM SPd, di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Purworejo, Kamis (30/7).

Dalam sambutannya Soekoso mengatakan kegiatan Jamda yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali ditingkat Kawarda Jawa Tengah, meerupakan pertemuan anggota pramuka penggalang se Jawa Tengah dalam bentuk kegiatan kemandirian, ketrampilan, kedisiplinan dan lain-lain. Untuk itu diharapkan peserta dapat melaksanakan kegiatan dengan ceria dan gembira penuh optimisme. Apalagi dalam kegiatan Jamda-Jamda sebelumnya Kwarcab Purworejo meraih juara umum putera, sedang puteri juara I dalam pentas budaya. “Materi-materi yang sudah diberikan sebagai bekal, baik yang kelompok maupun perorangan untuk siapkan diri sesuai yang sudah dilatihkan,” harapnya.

Sedangkan kepada pembina pendamping, Soekoso berpesan untuk terus memantau dan memperhatikan makannya dan kesehatan peserta. Ia juga berpesan agar berkompetisi dengan baik, karena selain membawa nama baik Kwarcab Purworejo juga membawa nama baik gugus depan masing-masing peserta. Harapannya kelak Pramuka-Pramuka Purworejo menjadi generasi yang berkarakter yakni individu yang memiliki akhlak, budi pekerti, dan bertanggungjawab. “Biasakan berdoa terlebih dahulu, dan jaga kesehatan, serta berpakaianlah Pramuka yang lengkap, sehingga kita bisa terus eksis,”tuturnya.

Sementara itu Pimpinan kontingen Budi Prasetyawati SPd mengtakan, tujuan Jamda untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persaudaraan, serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan dan ketentuan moral pramuka yaitu Dasa Darma dan Tri Satya. Pelaksanaan Jamda selama 6 hari yang akan berakhir pada 6 Agustus mendatang.

Dijelaskan, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya Lomba cerdas tangkas Pramuka (LCTP), menggambar poster, lintas budaya dengan menampilkan pentas kesenian tradisional, lomba pertendaan meliputi kebersihan, keindahan dan kerapian.  “Kwarcab telah menyiapkan kontingen mulai dari seleksi calon peserta pada Maret dan dilanjutkan latihan selama empat bulan,”ujarnya.

Peserta akan didampingi tujuh orang yakni satu pimpinan kontingen, empat pembina pendamping, dan dua pendukung. BPD Jateng cabang Purworejo  juga  ikut mendukung peserta untuk sukses dalam Jamda  di tingkat  Kwarda  Jateng.