RSUD AKAN GANTI NAMA

Sabtu, 27 Juni 2015 | 13:46:29

Dalam rangka mengenang dan melihat jasa-jasanya yang begitu besar dalam dunia kesehatan di Kabupaten Purworejo, nama dr Tjitrowardoyo akan dijadikan nama RSUD menggantikan nama RSUD Saras Husada. Hal ini diungkapkan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, pada saat tarhim di Masjid Jami’ Desa Dlangu Kecamatan Butuh, Rabu (24/6).

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa, dr Tjitrowardoyo merupakan eyang dari BJ Habibie mantan Presiden RI ketiga. Meskipun BJ Habibie lahir di Parepare Sulawesi Selatan, Sang ibu dan eyang merupakan asli kelahiran Purworejo. dr Tjitrowardoyo adalah dokter pertama di Indonesia dan meraih gelar dokter pada usia 19 tahun. Meraih Bintang Tanjung perak dengan nama samaran M. Radiman. Ia merupakan seorang dokter ahli mata yang pernah aktif dan terkenal di Jawa.

Bupati menambahkan, pemberian nama ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa dr Tjitrowardoyo yang sangat banyak dalam dunia kesehatan di Purworejo. “Dalam waktu yang tidak lama lagi, mudah-mudahan dapat segera dilakukan launching, dan rencananya akan mengundang BJ Habibie,” terangnya.

Pada bagian lain terkait pertanian Bupati mengatakan, hama tikus yang terjadi belakang ini secara tidak langsung terjadi karena ulah manusia sendiri. Ular yang seharusnya memakan tikus, sekarang menjadi buruan dan dikonsumsi oleh manusia. Sehingga yang terjadi, tikus memakan makanan manusia yaitu padi. “Saya menghimbau kepada masyakarat agar ular jangan diburu, sehingga keseimbangan ekosistem dapat berjalan,” imbaunya.