SELAMAT HARI KARTINI

Kamis, 21 April 2016 | 16:32:59

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengucapkan Selamat Hari Kartini, dengan harapan agar peringatan ini tidak sekedar menjadi kegiatan seremonial yang biasanya ditandai dengan asesoris sanggul dan kebaya. Namun peringatan ini hendaknya bisa dijadikan sebagai momentum menumbuhkan motivasi diri. “Untuk tampil sebagai Kartini-Kartini masa kini, yang turut serta berjuang dan berperan dalam pembangunan, tanpa melupakan kodrat sebagai perempuan,” tandas Wabup pada resepsi peringatan hari kartini di Pendopo Kamis (21/4).

Menurut Wabup, bulan April merupakan bulan yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita, karena tanggal 21 April merupakan peringatan hari lahirnya pejuang emansipasi wanita Indonesia yakni Raden Ajeng Kartini. Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan bersama, bahwa perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum wanita Indonesia agar dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan kaum pria, sungguh sangat luar biasa. Sehingga perjuangan dan api semangat RA Kartini telah membuahkan hasil yang sedemikian besar artinya bagi wanita Indonesia pada saat ini dan waktu yang akan datang.

Dikatakan, kini peranan dan kedudukan wanita Indonesia telah sejajar dengan kaum pria dalam berbagai bidang dan sektor pembangunan. Walaupun kita akui jumlahnya belum dapat seimbang apabila dibandingkan dengan kaum pria, namun demikian hak dan kewajiban kaum pria dan wanita di Indonesia telah setara. Hal ini terbukti, tidak sedikit kaum wanita yang sukses menjadi pemimpin, baik di jajaran pemerintahan maupun pada sektor swasta, bahkan tidak sedikit pula yang menjadi elit partai politik atau menjabat sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif.

Wabup menjelaskan, studi lembaga konsultan bisnis Grant Thornton terbaru menunjukkan, jumlah wanita karir Indonesia yang menduduki posisi penting di sebuah perusahaan atau posisi top manajer menempati urutan keenam di dunia dengan persentase 36 persen. Bahkan dari sejumlah pimpinan perusahaan wanita di Indonesia, tiga di antaranya termasuk jajaran pebisnis tersukses di Asia. Fakta ini tentu sangat membanggakan, dan menjadi salah satu bukti hasil nyata perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan kaum wanita.

Ditambahkan,  peringatan Hari Kartini untuk tahun 2016 ini mengambil tema: “Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Melalui Generasi Sehat, Ekonomi Kuat dan Perempuan Bermartabat”. “Kami berharap, tema tersebut dapat diimplementasikan dalam setiap keluarga di  Kabupaten Purworejo, dengan senantiasa mengilhami api semangat dan cita-cita RA Kartini, sehingga daerah, bangsa dan negara kita dapat semakin maju dan sejahtera,” harap Wabup Yuli Hastuti yang sekaligus menyerahkan hadiah berbagai lomba dalam rangka peringatan Hari Kartini.