SHOLAT ISTISQO AKAN DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 20 OKTOBER 2015

Sabtu, 17 Oktober 2015 | 14:06:34

Sebagai wujud kepasrahan sebagai hamba Allah SWT yang hanya bisa memohon pertolongan-Nya, bangsa Indonesia khususnya warga Kabupaten Purworejo yang saat ini terkena dampak kekeringan yang bekepanjangan, akan menggelar Sholat Istisqo’. Kegiatan yang diprakarsai oleh Pemda Kabupaten Purworejo ini, bertujuan untuk memohon akan ketersediaan air bersih. Seperti diketahui bersama, menurut BMKG diperkirakan musim hujan baru akan turun pada awal dan pertengahan bulan November 2015.

Dalam rapat persiapan yang dilakukan di Ruang Kabag Kesra Setda Purworejo, disepakati bahwa Sholat Istisqo’ menurut rencana akan dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 20 Oktober 2015, pukul 07.00 WIB, bertempat di Alun-Alun Purworejo sebelah utara. Hadir dalam rapat, Ketua MUI Kabupaten Purworejo KH Abdullah Syarqowi, perwakilan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Purworejo dan dinas instansi terkait, Jum’at (16/10).

KH Abdullah Syarqowi mengatakan, Sholat Istisqo’ artinya mencari siraman, dengan harapan setelah sholat nanti akan turun hujan. Hal ini dilakukan menurutnya atas dasar kekeringan air yang terjadi dibeberapa wilayah di Kabupaten Purworejo. “Pemda telah berupaya menditribusikan air bersih ke masyarakat. Tetapi biaya yang dihabiskan tentunya tidak sedikit,” katanya.

Yang  dijadikan dasar bukan dalil Nabi Musa dengan cara memukul batu, tetapi sesuai syari’at Nabi Muhammad SAW yaitu dengan melakukan shalat Istisqo’. Menurutnya, dalil Nabi Musa tidak boleh dijadikan sebagai dalil shalat Istisqo’, karena ini suatu mukjizat dari Allah SWT. “Umpama saya sebagai ketua MUI, mengeluarkan fatwa dan memerintahkan memukul batu, sampai kiamat tidak akan mengalir. Ini bukan syari’at, jadi kita berpaling atau menengok saja,” ujarnya.

Kepala Bagian Kesra Setda Purworejo Bambang Aryawan MM menjelaskan, rapat ini bersifat segera untuk menindaklanjuti surat dari Kepala Kantor Kementrian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah tanggal 30 September 2015, perihal seruan pelaksanaan Sholat Istisqo’. Ia beraharap, saat pelaksanaan Sholat Istisqo’ seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Purworejo dapat mengikutinya.

“Mudah-mudahan ada lebih dari seribu orang yang akan hadir. Dengan semakin banyak yang ikut, diharapan setiap doa yang dipanjatkan dapat lebih diterima Allah SWT,” katanya.