WAKIL BUPATI BERHARAP TIDAK ADA PENYALAHGUNAAN DANA DESA

Sabtu, 29 Juli 2017 | 15:25:19

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH mengatakan, lahirnya Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, terasa begitu istimewa. Karena Undang-Undang Desa merupakan perwujudan komitmen Pemerintah dalam rangka mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat, serta menyempitkan disparitas atau kesenjangan wilayah yang selama ini menjadi tantangan pembangunan nasional. Keistimewaan itu, dengan adanya Dana Desa yang merupakan alokasi Dana APBN yang mencapai ratusan bahkan milyaran rupiah.

“Untuk itu saya titip kepada semua desa supaya tidak menyalahgunakan dana desa. Perlu berbagai langkah antisipasi agar keistimewaan seiring diberlakukannya UU Desa, tetap berada dalam koridor tata kelola yang baik dan tidak mendatangkan masalah di kemudian hari,” pinta Yuli Hastuti, pada pengukuhan SOTK Pemerintahan Desa Sidorejo, di Balai desa Sidorejo yang sekaligus penandatangan MoU bidang ekonomi antara Desa Sidorejo dengan Pimpinan daearah Muhammadiyah (PDM) hari ini Kamis (27/7).

Berkaitan dengan hal tersebut Yuli Hastuti mengingatkan, untuk menyiapkan sumber daya aparatur desa yang mumpuni dalam mengurusi manajemen keuangan dan anggaran yang baik, penyiapan kelembagaan masyarakat di desa untuk mendukung jalannya pelaksanaan pembangunan desa, serta penguatan peran BPD dalam rangka mengawal jalannya tata kelola pemerintahan di tingkat desa, menjadi hal yang sangat urgen untuk dilaksanakan.

“Oleh karena itu, kami sangat mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Desa Sidorejo, termasuk upaya menjalin kerjasama dengan Lembaga Ekonomi PDM Kabupaten Purworejo. Melalui kerjasama dengan Muhammadiyah yang selama ini sangat peduli dengan pembangunan bidang pendidikan, sosial dan ekonomi umat, diharapkan berbagai potensi yang ada di desa bisa dikembangkan dan dioptimalkan,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu PDM Drs Pujiyono mengatakan, PDM berperan serta dalam pembangunan berbagai bidang termasuk bidang ekonomi. Seperti pada MoU ini PDM di Desa Sidorejo supaya bisa mandiri dan mampu bersaing. Yang bisa merambah membangun Kabupaten Purworejo yang mandiri dan berkemajuan. “Untuk itu kami melakukan pendampingan dan berkelanjutan. Kalau kejasama ini baik maka akan dilanjutkan bahkan tidak hanya pada bidang ekonomi saja,” harapnya.

Kepala Desa Sidorejo Supri Yulianto mengatakan, kerjasama dengan PDM dalam bentuk pemberdayaan ekonomi. Kegiatannya berupa pelatihan usaha melalui berbagai home industri, antara lain pengolahan tempe menjadi naget, pembuatan sirup jahe, gebleg singkong, dll. Termasuk PDM memberikan bantuan modal usaha. “Pelatihannya dilakukan  Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DINKUKMP). Masyarakat kami alhamdulilah sangat berminat, sehingga harapannya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Supri Yulianto.