Berita

PAMERAN PRODUK UNGGULAN KUKM KABUPATEN PURWOREJO

Sabtu, 15 Juli 2017 | 13:33:23

Sebanyak 30 stan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUKM) memamerkan hasil produk unggulan dengan berbagai kerajinan. Seperti kerajinan batik khas Purworejo hingga batik terbaru berupa batik mangrove, tas, sepatu, aneka bibit tanaman, aneka makanan dan minuman dengan berbagai variasi, dan masih banyak kerajinan lainnya. Pameran yang juga dimeriahkan dengan pentas seni dan budaya tersebut, telah dibuka Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH hari ini Rabu (12/7).   Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, pameran produk unggulan KUMKM diselenggarakan sebagai salah satu upaya menggugah kembali potensi KUMKM di Kabupaten Purworejo, dalam berperan sebagai salah satu pelaku ekonomi yang perlu terus didorong secara masif dan terstruktur, sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh dan mandiri berbasis pada ekonomi kerakyatan.

Dikatakn Yuli Hastuti, potensi sumber daya alam maupun sumber daya KUMKM di Kabupaten Purworejo cukup besar dan berpeluang untuk dikembangkan agar memiliki nilai jual dan nilai tambah. Sehingga melalui pameran produk KUMKM yang senantiasa kita laksanakan baik yang berskala lokal maupun nasional, diharapkan para pengusaha, potensial buyers dan masyarakat akan dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai kualitas dan kuantitas produk, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan minat dan permintaan masyarakat baik lokal, regional, nasional maupun ekspor.

Menurutnya, bagi Indonesia sebagai negara berkembang, koperasi masih mempunyai peran penting dalam perekonomian di masyarakat, bahkan mampu memberi andil peningkatan pembangunan nasional. Koperasi adalah salah satu unit ekonomi yang pergerakannya dikerjakan secara bersama-sama dan keuntungannya dinikmati bersama-sama.



FESTIVAL LAYANG-LAYANG DI PANTAI JATIMALANG FESTIVAL TINGKAT NASIONAL PERTAMA KALI

Selasa, 11 Juli 2017 | 12:38:30

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menginginkan agar festival layang-layang  di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo tidak hanya berskala nasional saja. Acara yang sudah digelar kali keempat itu diharapkan sampai berskala internasional.

“Ini merupakan festival yang pertama kali kita buat tingkat nasional. Insya Allah kedepan kita adakan festival yang lebih besar lagi, yang berskala internasional,” kata Bupati usai membuka lomba layang-layang Purworejo Kite Festival 2017 di Pantai Jatimalang, Minggu (9/7).

Hadir Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, Pimpinan DPRD Purworejo, Kasdim 0708 Purworejo, dan sejumlah pejabat OPD terkait. Festival layang-layang yang mengusung tema Kite Festival 2017 kemarin berlangsung semarak. Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati juga sempat menjajal untuk menerbangkan layang-layang dari salah satu peserta.

 



BATU BERTUMPUK DI SIDOMULYO TERUS AKAN DIKEBANGKAN

Rabu, 5 Juli 2017 | 16:18:23

Penemuan batu bertumpuk di Desa Sidomulyo beberapa waktu lalu, menjadikan ikon bagi desa setempat. Sejak itu Desa Sidomulyo menjadi ramai dan dikenal luas, hingga banyak warga luar daerah berkunjung. Selain menyaksikan langsung keberadaan batu bertumpuk, juga banyak yang berfoto selfi untuk mengabadikan keindahan batu bertumpuk didukung dengan lingkungan yang hijau dan asri. Bahkan beberapa yang berkunjung juga ahli arkheologi melakukan penelitian tentang batu bertumpuk.

Maka tak heran jika Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menilai penemuan batu bertumpuk merupakan berkah bagi masyarakat desa setempat. Bahkan menururut Bupati, memiliki pengaruh perekonomian, dapat menjadi income masyarakat dan desa. Padahal belum dikelola, masih apa adanya, namun sudah banyak yang berkunjung untuk wisata.

“Untuk itu agar terus dikembangkan, ini tugas Pemerintah Desa Sidomulyo menjadikan wisata yang menarik,” harap Bupati pada pengarahan beberapa waktu lalu bertepatan dengan bulan Romadhon. Bupati yang hadir bersama istri Ny Riri Fatimah Verena Prihastyari SE itu, juga ddampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti SH,  Sekda Drs Said Romadhon, Camat Purworejo Sudaryono S.Sos dan sejumlah Kepala dinas instansi yang tergabung dalam Tim C Tarhim.



BPJS JAMIN PELAYANAN SELAMA MUDIK LEBARAN DIPERMUDAH

Jumat, 23 Juni 2017 | 12:58:33

Purworejo,(purworejo.sorot.co)--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjamin bagi para peserta yang sedang mudik lebaran tahun 2017 bakal mendapat pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Oleh karena itu, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS.

Informasi tersebut disampaikan oleh KepalaKantor Cabang Kebumen BPJS Kesehatan, Maya Susanti, dalam siaran pers yang diterima sorot.co, Kamis (22/6/2017). Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.Maya menjelaskan, untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Wonosobo yang menjadi wilayah kami,” katanya.

 



UGM AKAN SIAP PRAKTEK DI TUJUH DESA

Jumat, 16 Juni 2017 | 13:52:42

Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta turunkan 210 mahasiswanya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Purworejo. Masing-masing mahasiswa terbagi dalam tujuh kelompok yang akan melakukan praktek KKN di tujuh desa antara lain Desa Grabag, Banyuyoso, Ketawangrejo Kecamatan Grabag, Desa Somongari, Kaliharjo Kecamatan Kaligesing, dan Desa Candi, Wonosari Kecamatan Ngombol.

 

Para mahasiswa yang didampingi Dosen pembimbing lapangan tersebut, diterima Wakil Bupati Yuli Hastuti  yang didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes), di Pendopo hari ini Senin (12/6) Hadir pula Camat dan dinas instansi terkait.

 



PURWOREJO MALL SEGERA DIBANGUN

Jumat, 9 Juni 2017 | 11:27:24

Masyarakat tidak lama lagi akan dapat menikmati keberadaan Purworejo Mall yang diberi nama Green Park Purworejo. Pembangunan gedung mall direncanakan pada 2018 mendatang, dengan lokasi depan SMA Negeri 6 Purworejo. Tujuannya selain untuk peningkatan perekonomian juga untuk memajukan Kabupaten Purworejo.

Hal itu diungkapkan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM usai Sholat Tarawih pada kegiatan Tarawih dan silaturahim (Tarhim) Bupati bersama masyarakat di Masjid Baitul Karomah Desa Seborokrapyak Kecamatan Banyuurip pada Senin malam (5/6). Turut mendampingi Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, FKPD, dan sejumlah pejabat yang tergabung dalam Tim A Tarhim.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, masyarakat Purworejo tidak perlu lagi mengunjungi mall di Jogja, tapi bisa di mall yang ada di Purworejo. “Termasuk untuk menarik masyarakat luar Purworejo supaya berbelanja disini, sehingga bisa menjadi income Kabupaten Purworejo yang endingnya untuk kesejateraan masyarakat Purworejo,” tuturnya.



PELATIHAN MEMBUAT KUE MENJELANG LEBARAN

Selasa, 9 Mei 2017 | 13:04:53

Menjelang bulan puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, biasanya permintaan pasar berbagai kebutuhan meningkat. Termasuk juga aneka jenis kue kering maupun snack ringan menjadi buruan para pembeli. Untuk menangkap peluang itu, TP PKK Kabupaten Pokja I mengadakan pelatihan pembuatan berbagai macam kue kering dan snack ringan yang diikuti remaja produktif lulus sekolah, yang berlangsung di aula PKK kabupaten.

Seperti dikatakan Wakil Ketua TP PKK kabupaten Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo, pelatihan pembuatan kue menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat bagi remaja produktif. Tentu dapat membantu mengembangkan diri dalam berwirausaha dimulai dari kecil dulu seperti usaha kue yang bekerjasama dengan UMKM atau toko terdekat. “Saat-saat ini dengan akan datangnya bulan puasa dan Lebaran, sangat tepat untuk berpromosi usaha kue,” ujarnya.

Menurut Ny Sri Yuni, PKK ambil peran dalam ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui hal-hal yang sederhana dengan pelatihan pembuatan kue. Selain sebagai motivasi bagi tmbuh kembangnya jiwa dan semangat kewirausahaan, juga diharapkan akan membangkitkan sikap kemandirian. “Bisa mengubah pelaksana menjadi pemrakrasa dari posisi pekerja menjadi pengusaha,” harapnya.



PEMERINTAH DAERAH HARUS FOKUS DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Rabu, 26 April 2017 | 14:29:33

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menekankan bahwa dalam pelaksanaan otonomi daerah, Pemerintah Daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Baik melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.”Inilah tujuan utama otonomi daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah pada setiap Pemerintah Daerah di Indonesia,” tandasnya.

Hal itu merupakan isi dari sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, saat menjadi Irup dalam upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 21 di Halaman Setda Kabupaten Purworejo, Selasa (25/4). Turut mengikuti upacara, FKPD dan Kepala OPD se Kabupaten Purworejo.Mendagri juga meminta kepada setiap Pemerintah Daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah.



PEMKAB PURWOREJO MENYERAHKAN BANTUAN RUMAH PADA KORBAN BANJIR DAN LONGSOR

Senin, 3 April 2017 | 14:27:44

Pemkab Purworejo menyerahkan bantuan 48 unit rumah tumbuh kepada korban bencana banjir dan longsor yang terjadi pada 18 Juni 2016 lalu. Selain itu juga diserahkan 5 infrastruktur jembatan sebagai sarana penghubung antar wilayah, yang mengalami kerusakan cukup parah saat bencana terjadi.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Balai Desa Jelok Kecamatan Kaligesing, Jum’at (31/3), sekitar pukul 14.00 wib. Penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima antara kedua pihak dan dilanjutkan penandatanganan prasasti pembangunan jembatan oleh Bupati Purworejo.

Turut hadir, Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 412 Purworejo Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta, Kasi Pidum Kajari Ari Wibowo, Asisten I Sekda Drs Murwanto, Asisten II Sekda Gandi Budi Supriyanto SSos, Staf Ahli Bupati Drs Tri Handoyo MM, Wakil Direktur Bank Jateng Kanca Purworejo Januar Subehi, Kepala BPBD Drs Budi Harjono, Muspika, Kepala Desa serta sejumlah penerima bantuan desa terdampak.

Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan bencana yang terjadi kala itu memang sungguh dasyat. Karena bencana tersebut telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan harta benda berupa 46 orang meninggal dunia, 16 orang dirawat di rumah sakit, 41 rumah rusak total, 28 rumah rusak berat dan puluhan rumah rusak sedang.



TELAH TERPILIH TIGA CALON SEKDA PURWOREJO

Rabu, 22 Maret 2017 | 15:21:20

Proses lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo yang dimulai pada awal Februari lalu dengan jumlah 6 orang calon sekda, kini telah terpilih tiga nama yang lolos seleksi. Mereka adalah Dr Akhmad Kasinu MPd, Drs Said Romadhon, dan Sukmo Widi Harwanto SH MM. Ketiga nama calon sekda itu diumumkan ketua panitia seleksi Drs Ibnu Subianto Akt, dalam jumpa pers Kamis (16/3) di Ruang Kerja Bupati. Hadir pula Bupati Agus Bastian SE MM, Asisten Administrasi dan Kesra Drs Muh Wuryanto MM, dan Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) Drg.Nancy Megawati MM.

Lebih lanjut Ibnu Subianto mengatakan, tiga nama calsek terpilih ini telah diserahkan kepada Bupati. Nantinya akan ditentukan Bupati satu orang untuk ditetapkan sebagai Sekda. Sedangkan penyebutan nama dan urutan tidak berdasarkan ranking, melainkan berdasarkan abjad. Untuk seleksinya ada beberapa aspek meliputi kapasitas kepemimpinan, kapasitas konsepsi dan perumusan, kemampuan menangkap permasalahan serta inovasi.  Dalam asessmentnya ketiganya memenuhi aspek ini.

“Namun tidak berarti yang tidak lolos seperti Drs Agus Budi Supriyanto MSi, Dra Eni Sudiyati  MM, dan Drs Sutrisno MSi, itu tidak memenuhi. Bukan begitu, semuanya bagus semuanya baik, hanya saja kami terus kejar dengan pertanyaan-pertanyaan  yang mengarah pada empat aspek. Dan yang jelas bisa sejalan dengan visi misi Bupati,” papar  Ibnu Subianto ketika menjawab pertanyaan wartawan.



PEMKAB MENYEDIAKAN DANA 109,5 MILYAR UNTUK PENINGKATAN PEMELIHARAAN JALAN

Rabu, 15 Maret 2017 | 14:00:36

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui dana APBD 2017 menyediakan dana sebesar Rp.109,5 Milyar yang dilaksanakan untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan. Yakni untuk mempertahankan kondisi baik dan sedang dengan alokasi dana sebesar 104 Milyar untuk peningkatan dan 5,5 Milyar untuk pemeliharaan jalan. Sedangkan untuk tahun depan mengusulkan alokasi dana sebesar 19 M untuk pemeliharaan jalan.

Hal itu disampaikan Kabid Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Drs.Suranto, pada kegiatan komunikasi dengar aspirasi publik Critical Voice Point "Jeglongan Sewu" kerusakan dan pembangunan jalan Kabupaten Purworejo di Pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa (14/03/2017).

Lebih lanjut Suranto menjelaskan data jumlah dan panjang jalan kabupaten meliputi 234 ruas, dan panjang jalan 769,25 km. Sedangkan jumlah ruas jalan Provinsi  terdapat 11 ruas dan panjang jalan Provinsi  mencapai 98.37 km. Untuk jumlah ruas jalan Nasional  ada 4 ruas dan panjang jalan Nasional mencakup 41.56 Km. “Tahun 2016 kondisi jalan 73,19%  yakni 563,05 km terdiri baik dan sedang. Tercatat yang kondisinya rusak dan rusak berat 26,81%  yakni 206,20 km. Penanganannya dilaksanakan dengan upaya peningkatan jalan, pemeliharaan berkala dan pemeliharaan rutin,” ujarnya.



PENANGANAN KEMISKINAN DI PURWOREJO MENJADI PRIORITAS

Sabtu, 4 Maret 2017 | 13:29:09

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH mengatakan, penanganan kemiskinan di Kabupaten Purworejo masih menjadi program prioritas. Tentu penanganannya bukan hanya pemerintah saja, namun dari berbagai pihak. Termasuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Purworejo, yang ikut menyalurkan zakat kepada warga miskin. “Saya berterimaksih sekali Baznas memprogramkan bedah rumah bagi warga miskin. Saya titip agar bantuan untuk warga miskin dapat dikoordinir dengan baik,” tandas Yuli Hastuti pada Rapat kerja rencana kerja dan anggaran tahunan (RKAT) Baznas Kabupaten Purworejo, di Pendopo kabupaten (28/2).  

Lebih lanjut dikatakan, untuk bantuan bedah rumah  supaya Baznas dapat bekerjasama dengan Bapeda. Data warga miskin di Kabupaten Purworejo terupdate ada di Bapeda yang merupakan data valid. “Sedangkan bantuan dari pemerintah kabupaten hingga pusat untuk program bedah rumah tidak layak huni, harus dengan persyaratan tanahnya hak milik sendiri. Padahal banyak rumah yang tidak layak huni, namun bukan hak milik. Tentu Baznas bisa mengarahkan bantuan bedah rumah kepada yang seperti ini,” harapnya.

Menurut Yuli Hastuti,  penanganan kemiskinan juga pada pemberdayaan yakni dengan memberikan bekal keterampilan untuk modal dalam mengembangkan ekonomi keluarga. “Juga pendidikan dan kesehatan, untuk mendapatkan prioritas baik sekolahnya maupun untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Terkait zakat supaya masing-masing OPD dapat meningkatkan,” tuturnya.



PURWOREJO AKAN BANGUN TAMAN KULINER

Kamis, 16 Februari 2017 | 15:14:42

Salah satu langkah Pemkab Purworejo dalam rangka menata wajah kota, adalah dengan melakukan penataan Alun-alun Purworejo sebagai icon landmark kota. Untuk penataan Alun-Alun Purworejo, Pemkab akan segera membangun taman kuliner garnisun bagi PKL Alun-Alun Purworejo, tepatnya di lapangan tenis garnisun depan Kodim 0708/Purworejo.

“Taman kuliner garnisun nantinya akan digunakan untuk menampung seluruh pedagang kaki lima, yang sekarang berada di posisi timur dan posisi barat Alun-alun Purworejo. Alun-alun yang kita tata, nantinya tidak dipakai untuk berjualan. Tetapi sebagai ruang terbuka hijau,” kata Bupati saat memaparkan desain taman kuliner garnisum pada acara Musrenbang Kabupaten Purworejo Tahun 2017, di Ruang Arahiwang Setda, Senin (6/2).

Bupati berharap, nantinya alun-alun dapat menjadi kawasan yang ramah bagi anak. Selain sebagai tempat olahraga, nantinya juga akan dibangun permainan bagi anak-anak.

Dikatakan Bupati, di taman kuliner ada 26 tempat berjualan yang nantinya akan digunakan untuk memindahkan pedagang yang ada di alun-alun. Nantinya juga akan dibangun mushola dan panggung sebagai sarana hiburan. “Nanti setiap hari ada hiburan terutama malam minggu. Purworejo ini langka hiburan, kami mencoba menghadirkan hiburan di kawasan alun-alun ini,” ujarnya.



SEJUMLAH PEREMPATAN DIPASANGI CCTV

Rabu, 8 Februari 2017 | 11:58:26

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi mengatakan, sejumlah perempatan di Kabupaten Purworejo yang tingkat kepadatan lalu lintasnya tinggi, diberi pemantau dengan memasang Camera Closed Circuit Television (CCTV). Diantaranya perempatan Jatimalang Purwodadi, perempatan Cangkrep, Berengkelan, Mranti Purworejo, perempatan Satpol PP, dan perempatan terminal induk.  “Memang kita ranahnya sudah harus pakai Information technology (IT), maka kita wujudkan dengan pemantauan melalui CCTV,” jelas Agus Budi saat ditemui diruang kerjanya pada hari ini Jum’at (4/2).

Menurutnya, pemasangan CCTV bertujuan sebagai pemantau kepadatan lalu lintas dan evaluasi pengaturan lampu lalu lintas. Juga untuk mengetahui jika terjadi trouble di perempatan. Maka harus segera berkoordinasi dengan Satuan lalu Lintas (Satlantas) Polres Purworejo untuk melakukan rekayasa lalu lintas. “Seperti pada musim mudik Lebaran sangat mungkin terjadi kemacetan yang harus ditangani segera dalam mengurai kemacetan menjadi lancar. Sehingga sangat dibutuhkan pemantau melalui CCTV,” ujarnya.

Agus Budi menambahkan, pemantaun lalu lintas dengan CCTV cukup dilihat dari kantor Dinas Perhubungan. Untuk pengecekan hasil rekaman CCTV, dilakukan setiap satu bulan sekali dikantor Dishub. Sedangkan evaluasi tentang ketertiban berlalu lintas dilakukan tiga bulan sekali. “Bisa juga sewaktu-waktu rekaman CCTV dibuka,  namun kalau ada kepentingan yang mendesak. Misalnya ada kasus kejahatan terjadinya tabrak lari atau kejahatan lain. Tentu kepentingan yang urgen seperti ini, harus kita bantu untuk mendapatkan keterangan kejadian yang  sebenarnya,” ungkap Agus Budi.



SMKN 1 PURWOREJO MENCIPTAKAN MESIN PENGOLAH GULA SEMUT

Kamis, 2 Februari 2017 | 15:08:41

Melihat potensi gula kelapa di Kabupaten Purworejo yang melimpah, menjadi acuan SMKN 1 Purworejo untuk berinovasi memproduksi mesin pengolah gula semut. Produksi mesin itu telah diujicobakan dengan hasil yang memuaskan. Selain efektif juga biaya operasionalnya irit. Bahkan hasil olahan gula semut menjadi butiran-butiran halus merata, tanpa ada gula yang kasar. “Dengan mesin ini, sangat membantu perajin gula semut dalam melakukan pengolahan menjadi lebih cepat dengan hasil gula yang berkualitas,” jelas Kepala Sekolah SMKN 1 Purworejo Budiyono SPd MPd, pada kegiatan praktek operasional mesin pengolah gula semut di SMKN 1 Purworejo hari ini Jum’at (27/1).

Budiyono melihat pembuatan gula semut di masyarakat masih secara manual dengan tenaga manusia, sehingga perlu dilakukan alat dengan sentuhan tehnologi. Sehingga dibuat mesin pengolah gula semut ini untuk lebih memudahkan perajin gula dalam meningkatkan produksinya.

Mesin tersebut tidak hanya telah digunakan perajin gula semut di Purworejo, namun juga telah digunakan perajin gula semut di Blitar Jawa Timur. Dari Blitar tertarik datang ke SMKN 1 Purworejo untuk melihat secara langsung dan cocok lalu pesan satu unit mesin. “Harapannya masyarakat Purworejo terutama perajin gula semut dapat menggunakan mesin ini, sehingga produksi gula semut dapat lebih cepat, efisien dan berkulaitas. Apalagi mesin ini merupakan hasil karya Purworejo,”  harap Budiyono.



EXPO UNIVERSITAS 2017 DI WISMA BUDAYA

Jumat, 27 Januari 2017 | 10:35:00

Dalam rangka memberi informasi tentang perguruan tinggi di Indonesia, akan digelar Expo Universitas 2017, di Wisma Budaya SMAN 7 Purworejo, Jum’at-Sabtu (27-28/1). Expo Universitas tahun ini akan diikuti 26 perguruan tinggi negeri maupun swasta se Indonesia.

Menurut perwakilan humas panitia Expo Universitas 2017, Yasyfi Widhowati, kegiatan yang bertajuk ‘Dari Purworejo untuk Indonesia’ itu akan diisi berbagai kegiatan. Antara lain presentasi perguruan tinggi, talkshow motivasi, pameran stand perguruan tinggi, kontes foto, penerbangan lampion harapan, peluncuran kembang api dan panggung hiburan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa membantu orang tua dalam mengarahkan putra-putrinya untuk memilih program studi (jurusan) yang sesuai. “Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada pelajar khususnya siswa kelas XII, tentang dunia perkuliahan, pergaulan di kampus, dan kegiatan kem



UMKM PURWOREJO MANFAATKAN DUNIA ONLINE

Kamis, 19 Januari 2017 | 14:05:35

Maraknya pemasaran secara online juga dimanfaatkan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Din KUKMP) Kabupaten Purworejo yang menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI), untuk memfasilitasi pemasaran dan pembelian produk-produk UMKM Purworejo. Pemasarannya melalui situs www.purworejo-mall.com yang dilounching Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, pada hari ini Rabu (18/1) di aula Hotel Sanjaya Inn.

Dalam lounching itu, diawali MoU tentang kerjasama peningkatan sektor Usaha Kecil dan Menengah  (UMKM) melalui dukungan pasar online (market place) dan pemanfaatan produk dan jasa perbankan. Penandatanganan dilakukan Kepala Din KUKMP Dra.Suhartini MM dan Pimpinan PT BNI Cabang Purworejo Agus Suyono SSI MM yang disaksikan Kabid Koperasi dan UKM  Dra Titik Mintarsih MPd.

Yuli Hastuti yang membacakan sambutan Bupati mengatakan, upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo, ada dua PR besar yang harus menjadi perhatian kita bersama yakni pengangguran dan kemiskinan. Tingginya angka pengangguran menyebabkan banyaknya jumlah penduduk miskin. Kemiskinan ini juga berdampak luas terhadap akses untuk memperoleh pendidikan dan kesehatan. Karena itu, penurunan angka pengangguran dan kemiskinan ini harus kita selesaikan bersama dan sinergis antar berbagai pihak terkait.



32.507 KARTU TANI TELAH DIBAGIKAN

Sabtu, 14 Januari 2017 | 14:10:37

Sebanyak 32.507 petani, menerima kartu tani pada kegiatan launching kartu tani, di Pendopo Kabupaten Purworejo hari ini Kamis (12/1). Kegiatan launching itu juga dilakukan serentak di sejumlah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan launching di kabupaten Purworejo dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang didampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti SH dan FKPD.

Seperti disampaikan Bupati, untuk Kabupaten Purworejo dari alokasi 81 ribu Kartu Tani, sudah sekitar 32 ribu Kartu Tani yang telah siap didistribusikan. Secara umum, Kartu Tani merupakan alat untuk membantu petani dalam menjalankan kegiatannya, seperti untuk mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), penyediaan pupuk, hingga pengumpulan hasil panen. Selain itu Kartu Tani juga dapat digunakan dalam proses pengumpulan data pertanian.

Menurutnya, data yang dikumpulkan dapat digunakan oleh pemerintah untuk penyelarasan informasi baik bibit, jumlah produksi saat panen serta penyerapan oleh Bulog. Selain itu, perbankan akan memberikan kredit kepada petani yang memiliki Kartu Tani untuk melakukan penanaman bibit dan secara bersamaan mendapatkan data waktu panen dan kebutuhan gudang agar dapat diserap oleh Bulog.



BUPATI PANEN CABAI

Kamis, 12 Januari 2017 | 15:46:15

Bupati Purworejo, Agus Bastian beserta rombongan melakukan panen perdana cabai di Laboratorium Holtikultura Desa Tegalsari Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, Senin (09/01). Bupati menilai penanaman cabai jenis baru tersebut luar biasa. Salah satunya karena ditengah melambungnya harga cabai dan cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini, hasil panen cabai jenis baru tersebut dinilainya cukup menggembirakan.

“Disaat harga cabai yang begitu melambung dan cuaca yang tidak bersahabat maka ada cabai jenis baru yang cukup baik untuk ditanam dan hasilnya cukup menggembirakan. Ditengah cuaca seperti sekarang ini jenis ini bisa tumbuh dan berbuah seperti yang diharapkan,” katanya.

Hadir Kasdim 0708/Purworejo Mayor Inf Sulistiyo, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Endang Tavip Handayani, Asisten 2 Sekda Purworejo Gandi Budi Supriyanto SSos, Staf Ahli Bupati Purworejo Ir Dri Sumarno, Kepala Bappeda Purworejo Drs Said Romadhon, Muspika Kecamatan Bruno, Kepala Desa Se Kecamatan Bruno, Dinas Pertanian Dan PPL se Kabupaten Purworejo, Gapoktan se Kecamatan Bruno, Siswa SMA Sudirman Bruno, dan Masyarakat sekitar.

 



BUPATI LANTIK 776 PEJABAT

Senin, 9 Januari 2017 | 13:18:24

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM melantik dan mengukuhkan 776 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Pelantikan dan pengukuhan yang dilaksanakan di pendopo kabupaten, Sabtu (31/12), juga dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti SH dan FKPD Kabupaten Purworejo.

Mereka yang dilantik terdiri dari eselon II sebanyak 24 orang, eselon III sebanyak 118 orang, eselon IV sebanyak 571,  dan eselon V sebanyak 37. Sedangkan yang dikukuhkan sejumlah 27 orang terdiri dokter yang diberi tugas tambahan sebagai Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo, dan 26 dokter yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Unit Pelayanan Teknis Puskesmas di wilayah Kabupaten Purworejo.

Sebagian besar pejabat yang dipantik, mayoritas menempati posisi yang sama dengan jabatan sebelumnya. Namun terdapat 10 pejabat eselon II menempati jabatan baru. Antara lain di lingkungan setda, ada 5 orang yang mengalami mutasi yaitu Drs Tri Handoyo MM yang semula Sekda kini menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan,Hukum dan Politik. Drs Bambang Aryawan MM semula Asisten Administrasi dan Kesra kini menduduki posisi baru sebagai Sekretaris DPRD, DR Akhmad Kasinu MPd semula Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Drg Nancy Megawati MM semula Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM kini menjabat Kepala BKD, Dra Eny Sudiarti MM yang semula menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan kini Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.



PURWOREJO JUARA FASI JATENG

Selasa, 27 Desember 2016 | 13:41:27

Kafilah Kabupaten Purworejo berbasil menjadi juara umum Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) VI tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam event yang digelar di asrama Haji Donohudan pada tanggal 16-17 Desember 2016 itu, kafilah Purworejo memenangi 7 dari 26 cabang yang diperlombakan.

Ketua Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kabupaten Purworejo H Mustanir SPdI mengungkapkan, ketujuh cabang lomba tersebut yakni tartil putra Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKQ), adzan TKQ, sholat jamaah TKQ, CCQ Taman Pendidikan Quran (TPQ), lomba gambar putri TPQ, Kisah Islami Talimul Quran Lil Aulad (TQA) dan ceramah bahasa Indonesia putra TQA. "Yang dilombakan masing-masing kategori itu TKQ 8 lomba, TPQ 8 & TQA 10 lomba, kita minim di TQAnya," ujarnya.

Ia berharap Kabupaten Purworejo mampu membantu cita-cita Badko Jawa Tengah menjadi Jura Umum FASI Nasional 2017 dan bisa membawa Nama Harum Purworejo di kancah nasional. "Selain itu bisa kita mampu menyiapkan genersi Qurani yang kuat dalam berakidah, rajin beribadah, cinta tanah air dan NKRI," pungkasnya.



FESTIVAL BOGOWONTO BERLANGSUNG MERIAH

Selasa, 29 November 2016 | 15:47:13

Sepanjang tepian Sungai Bogowonto yang berada di Desa Jogoboyo Kecamatan Purwodadi, dipadati ribuan warga masyarakat yang ingin menyaksikan Festival Bogowonto, Minggu (27/11). Salah satunya berupa pagelaran busana bertajuk Getek Carnival, dimana 20 model dengan berbagai kostum, berdiri di atas getek atau rakit bambu yang bergerak mengikuti aliran sungai Bogowonto.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berada di panggung terapung, juga tampak begitu menikmati pagelaran busana unik itu. Dalam kegiatan yang diintegrasikan dengan program Bupati Tilik Desa itu, Gubernur didampingi Bupati Purworejo Agus, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SE, unsur FKPD dan instansi terkait.

Festival Bogowonto 2016 diawali arak-arakan tiga gunungan clorot yang merupakan makanan khas Purworejo, disusul pagelaran tari Moto Ero dan Gugur Gunung. Adapun Getek Carnival menampilkan sejumlah model Purworejo dan Yogyakarta.
Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengajak masyarakat untuk terus membuat destinasi wisata baru di Purworejo. "Berbagai destinasi itu untuk mendukung Visit Purworejo 2020 yang akan diluncurkan tahun 2017," ujarnya.

 



GEBYAR PRODUK UMKM PURWOREJO

Selasa, 22 November 2016 | 09:44:39

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Gelaran Gebyar Bela Beli yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 November 2016 di Alun-alun Purworejo oleh Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata kabupaten Purworejo, dinilai murni untuk mengangkat serta mengenalkan produk lokal UMKM. Gelaran itu sendiri digelar juga merupakan murni kegiatan Bidang Koperasi dan UMKM, yang berbeda dengan gelaran Purworejo Ekspo, seperti yang telah dilaksnakaan beberapa kali di Purworejo.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata kabupaten Purworejo, Suhartini, saat gelar jumpa wartawan di Ruang Rapat Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Senin (21/11/2016).

 



BUPATI MINTA BPJS MEMBUKA PELAYANAN DI KECAMATAN

Sabtu, 19 November 2016 | 12:25:14

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menegaskan agar BPJS perlu untuk terus meningkatkan mutu pelayanannya. Salah satunya dengan membuka palayanan pendaftaran BPJS di Kecamatan. Menurutnya, penyebab banyaknya keluhan terkait pelayanan BPJS salah satunya karena harus mengantri saat melakukan pendaftaran. Selain itu, banyak masyarakat didesa yang enggan mendaftar karena tempat pendaftaran yang jauh dari tempat tinggalnya.

“BPJS banyak keluhan karena harus ngantri. Memang tidak bisa kalau pendaftaran dilakukan di kecamatan, syukur bisa sampai kelurahan. Banyak yang mau daftar BPJS tidak jadi karena antrian yang panjang dan jauh,” kata Bupati saat audiensi dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen di kantor Bupati Purworejo, Rabu (15/10).

Bupati berharap kedepan pendaftaran BPJS dapat dilakukan di kecamatan atau Puskesmas, lebih baik lagi bisa sampai tingkat kelurahan. Walaupun pendaftarn BPJS bisa dilakukan secara on line melului website BPJS, tetapi menurut Bupati hal tersebut masih sulit dilakukan di Purworejo. Hal tersebut karena di Purworejo lebih banyak daerah pedesaan daripada daerah perkotaan.



SOSIALISASI PROGRAM 5 HARI SEKOLAH

Rabu, 9 November 2016 | 13:05:35

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Program 5 hari sekolah yang telah diterapkan dan masih berjalan di beberapa sekolah utamanya tingkat SMA/SMK/MA, rencananya kedepan akan diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan sekolah. Perberlakuan 5 hari sekolah, untuk mengefektifkan guru di sekolah dengan waktu tersedia 8 jam untuk kegiatan pembelajaran.

"Dan harapannya anak-anak tidak lagi membawa pekerjaan rumah (PR) di rumah," tegas Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga pada Dirjen Dikmas Kemendikbud RI, Sukiman, pada kegiatan Sosialisasi Penguatan Pelaku Pendidikan Keluarga Tingkat Kabupaten Purworejo, di salah satu hotel di Purworejo, Selasa (08/11/2016).

Dalam sosialisasi disampaikan, penerapan 5 hari sekolah untuk semua jenjang pendidikan masih merupakan wacana. Dengan 5 hari sekolah Menteri Dikbud Muhadjir Effendy berharap hari Sabtu Minggu bisa digunakan untuk berkumpul dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Termasuk tidak membebani anak pulang sekolah dengan mengerjakan tugas sekolah, tetapi pulang kerumah justru bisa digunakan untuk bercerita tentang kegembiraan disekolah. 



APEL SIAGA BENCANA KABUPATEN PURWOREJO

Senin, 31 Oktober 2016 | 12:30:14

Purworejo,(sorotpurworejo,com)--Masuki musim penghujan tahun 2016/2017 di wilayah Kabupaten Purworejo, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Tagana, PMI, Damkar, serta Satpol PP Purworejo, menggelar apel siaga bencana Purworejo tahun 2016/2017, di Alun-alun Purworejo, Senin (31/10/2016).

Apel siaga bencana dengan mengambil tema Gerak Terpadu, Antara Pemerintah, Masyarakat, Dunia Usaha Menuju Ketangguhan Kabupaten Purworejo Dalam Menghadapi Bencana dipimpin langsung oleh Bupati Purworejo, dan dihadiri oleh Kapolres, Dandim 0708/Purworejo, dan dan sejumlah pejabat Purworejo.

"Kita semua menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana," kata Bupati Purworejo, Agus Bastian, dalam sambutanya, didepan peserta apel.

Atas dasar itu, bupati meminta hendaknya pihak-pihak terkait dapat memberikan berbagai informasi kepada masyarakat, khususnya yang berada di kawasan rawan bencana. Sehingga masyarakat akan memahami apa-apa yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

 



BANTUAN MEJA UNTUK PEDAGANG PASAR KRENDETAN

Sabtu, 8 Oktober 2016 | 10:01:30

Bagelen,(sorotpurworejo.com)--Janji Presiden Jokowi akan menambah fasilitas dengan memberikan meja sebagai tempat berdagang bagi para pedagang pasar Krendetan, Kecamatan Bagelen, yang disampaikannya saat peresmian pasar Krendetan beberapa waktu lalu, kini mulai diwujudkan. Melalui Kementrian Perdagangan, ratusan meja untuk para pedagang itu telah sampai di Pasar Krendetan, pada Rabu (05/10/2016) malam.

"Pengadaan meja datang dari Kementerian Perdagangan RI, termasuk spesifikasi barang, pembauatan barang dari Kementrian, kita hanya terima hibah, yang datang berwujud barang," tutur Kepala Disperindagkoppar Purworejo, Suhartini, saat ditemui di Pasar Krendetan, Kamis (06/10/2016) sore.
Bantuan pengadaan meja itu rencananya akan datang dengan tiga bentuk meja, yang berjumlah 5 unit jenis meja krombong, 236 unit jenis meja box, dan 25 unit jenis meja biasa.  "Untuk jumlah pedagang di pasar Krendetan ada sekitar 285 pedagang. Adapun pengadaan meja yang telah datang tadi malam ada sekitar 100 unit meja box, 5 unit meja kerombong dan 25 unit meja biasa. Sementara yang 136 meja box lain belum sampai," katanya.


 



PEMERINTAH PUSAT ALOKASIKAN DANAN 372 MILIAR ATASI SUNGAI YANG RAWAN BANJIR DI PURWOREJO

Senin, 26 September 2016 | 11:41:39

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Bagi masyarakat yang tinggal di dekat hamparan sungai atau kali, baik Sungai Bogowonto, Kali Wawar dan Sungai Cokroyasan serta sejumlah sungai lain, kini bisa bernafas lega. Sungai atau yang kerap meluap dan menyebabkan banjir saat terjadi hujan deras, atau mengalami gerusan pada dinding sungai, hingga membahayakan pemukiman warga itu, dalam waktu dekat ini akan segera ditangani oleh pemerintah. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp 372 miliar, guna mengatasi permasalahan sungai di Purworejo.

"Kejadian banjir yang terjadi pada tahun 2015 dan 2016 awal lalu, yang terjadi di sejumlah lokasi di Purworejo. Kami telah berkoordinasi dengan balai besar juga dengan Kementerian PU dan ESDM provinsi dan sebagainya, sehingga mereka meninjau ke lokasi banjir itu. Lalu mereka mendata mana-mana yang perlu ditangani," kata Kepala Dinas ESDM Purworejo, Ir. Susanto, S.Pi, sabtu (24/9/2016).


 



DPR JANJIKAN PEMBUATAN LAPANGAN BASKET

Selasa, 20 September 2016 | 14:31:54

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Pimpinan DPRD Purworejo, Yophi Prabowo mengaku bakal menampung aspirasi para atlet olahraga basket yang tergabung dalam Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Purworejo. Yophi menyatakan siap mengusahakan sarana prasana penunjang olahraga basket di Kabupaten Purworejo, seperti fasilitas lapangan umum atau GOR basket.

Hal itu Yophi ungkapkan saat memberi sambutan pada acara penutupan sekaligus pemberian hadiah bagi para juara Purworejo Basketball League (PBL) 2016 di lapangan CPM Komplek Kodim 0708, Sabtu (19/09/2016) malam."Tema PBL kali ini Purworejo Butuh GOR Basket adalah aspirasi yang harus kami sikapi secara bijak," ungkap Yophi.



BUDAYAKAN OLAH RAGA MENJADI GAYA HIDUP

Sabtu, 10 September 2016 | 12:52:07

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Senam Gemu Famire iringi peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIII 2016 yang jatuh pada hari ini, Jumat (09/09/2016). Kegiatan senam dilaksanakan di Alun-alun Purworejo.Senam kali ini diikuti oleh ribuan peserta dari unsur siswa di lingkungan Kecamatan Purworejo dan sejumlah pejabat teras serta para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Purworejo.

Sebelumnya, dalam upacara peringatan Haornas,  amanat Menpora dibacakan oleh Kasdim 0708, Mayor Inf Restito. Ia mengajak semua pihak untuk ikut menjayakan olahraga di Indonesia, sehingga prestasi olahraga Tanah Air membanggakan kedepannya."Budaya olahraga tidak dapat tumbuh secara instan, tetapi harus melalui proses yang berjenjang dan berkesinambungan dari mulai lingkungan terkecil sampai komunitas yang lebih besar," katanya membacakan sambutan Menpora.



REUNI AKBAR KEJORA LEBIH DARI 1000 ALUMNUS HADIR

Selasa, 6 September 2016 | 01:54:33

Reuni Akbar Kejora, yang merupakan rangkaian kegiatan Lustrum ke-14 SMPN 2 Purworejo, berlangsung pagi hingga siang kemarin, Sabtu (03/09/2016). Dimulai pukul 08.30 WIB, sebagai bentuk kecintaan pada tanah air dan almamater, acara dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars SMPN 2 Purworejo. Tari Pincukan dari siswa-siswi SMPN 2 Purworejo ditampilkan kemudian.Ketua Panitia Andang Nugerahatara Sutrisno, Kejora 95 menyampaikan, reuni akbar selain sebagai ajang silaturahim antar angkatan juga bertujuan untuk melanjutkan misi lustrum sebelumnya, yakni membentuk formatur organisasi Kejora untuk merealisasikan kegiatan para alumni atau Kejora dalam pengabdian baik bagi almamater maupun masyarakat (semacam Corporate Social Responsibility, CSR).

Sebagai bentuk terima kasih kepada bapak dan ibu guru, para alumni memberikan ‘kenang-kenangan’ dalam bentuk penganugerahan bhakti wiyata kepada 25 orang yakni kepala sekolah, guru, karyawan tata usaha yang telah purna.“Yang seru itu saat paduan suara menyanyikan Mars SMPN 2 Purworejo, seluruh alumnus turut menyanyikannya dengan semangat, seolah mereka masih menjadi siswa SMPN 2,” tutur Yudia Setiandini, Humas Panitia kepada harianpurworejo.com.Secara umum, acara Reuni Akbar Kejora berjalan sesuai rencana, dengan target peserta terpenuhi, bahkan melebihi target. Lebih dari 1000 alumnus terdata di daftar hadir. “Itu Mars lama, dari dulu itu. Sebagai alumnus (Kejora 88) tentu senang bisa ikut reuni,” tandas Kak Uyud, sapaan asyik untuk Yudia.



DITEMUKAN MIRIP CANDI DI SIDOMULYO

Selasa, 30 Agustus 2016 | 15:22:00

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Anggota DPR RI Komisi X, Bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata, Ir. Bambang Sutrisno, berkunjung ke lokasi penemuan bebatuan mirip candi di Bukit Pajangan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, Senin (29/08/2016). Bambang yang datang ditemani dua tenaga ahli langsung melakukan peninjauan di lokasi.

Dalam kunjungannya itu, pasca melihat bentuk serta kondisi bebatuan, Bambang Sutrisno meyakini bahwa bebatuan di Bukit Pajangan yang mirip dengan susunan candi itu merupakan sebuah situs. "Iya saya yakin ini situs, dengan potongan-potongan batu yang berukuran kira-kira 3,5 meter ini,  pasti bukan karna lahir dengan sendiriya, pasti ada campur tangan manusia," katanya.

Namun demikian, pihaknya belum bisa menyatakan secara pasti, apakah bebatuan itu merupakan situs atau bukan, dan pihaknya masih akan berupaya mendatangkan tim ahli untuk melakukan penelitian lebih lanjut, serta akan membantu pembangunan infrastruktur di Desa Sidomulyo.

 



NURLINA BIDAN TELADAN JAWA TENGAH

Sabtu, 20 Agustus 2016 | 12:44:09

Nurlina Sri Andalis AM.Keb seorang Bidan Desa Wunut yang bertugas di Puskesmas Ngombol mencetak prestasi sebagai Bidan Teladan I Provinsi Jawa Tengah. Prestasi yang disandang berkat gagasannya mempelopori Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusi yakni PAUD untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Hingga akhirnya membawanya ke puncak nasional untuk menerima penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71, di Istana Negara Jakarta.

Nurlina dinilai masuk dalam kriteria inovasi,  dan bisa berperan dalam pemberdayaan masyarakat menuju hidup sehat. Bahkan sampai saat ini, PAUD Inklusi tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Purworejo. Dengan jumlah 20 anak, dan yang berkebutuhan khusus terdapat 7 anak. Anak-anak ini tidak hanya berasal dari Kecamatan Ngombol saja, namun ada juga beberapa kecamatan sekitar yakni dari Kecamatan Grabag, Purwodadi dan Bayan.

Berawal dari keprihatinan Nurlina melihat anak-anak berkebutuhan khusus yang tidak mendapat perhatian yang layak. Tepatnya pada 2011 silam, berdasar data anak usia 0-6 tahun di kecamatan Ngombol terdapat 1879 jiwa. Dari data terdapat 19 anak berkebutuhan khusus, dan beberapa diantaranya memiliki latar belakang keluarga kurang mampu serta masih berpandangan bahwa pendidikan dini tidaklah penting. “Maka saya niatkan diri mencari solusi dengan membangun PAUD yang diberi nama PAUD Cinta Kasih Amalia,” ujar Nurlina yang lahir pada 48 tahun lalu.



TIM SEPAK BOLA PURWOREJO BUTUH SPONSOR

Kamis, 11 Agustus 2016 | 14:33:51

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menekankan perlunya dibentuk tim U-23 untuk mengakomodir pemuda yang berusia diatas 17 tahun. Namun, dibutuhkan dukungan dari pihak lain karena biaya penyelenggaraan sepak bola tidaklah murah. "Kedepan mungkin ada U-23. Dan memang sepak bola ini biayanya cukup mahal. Di waktu yang akan datang, saya siap didepan untuk mencarikan sponsor untuk seragam dan untuk melakukan pembinaan tim sepakbola di Kabupaten Purworejo. Tentunya ISP ini harus dibuktikan dulu lomba di Grobogan dan harus menang," tandasnya.

Hal itu dikatakan Bupati saat menerima tim sepak bola Purworejo, ISP Junior U-17 di depan Kantor Bupati Purworejo, Jum’at (5/8). ISP Junior U-17 Purworejo akan mewakili Kabupaten Purworejo dalam Perebutan Piala Soeratin di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah yang akan dilangsungkan pada Minggu (07/08). Ikut mendampingi tim saat menghadap Bupati, Ketua Umum Assoaiasi PSSI Purworejo Angko Setiyarso Widodo, Wakil Ketua DPRD Yopi Prabowo SH, dan Kepala Disdukcapil Sukmo Widi Harwanto SH MM.

 

 



BUPATI INGINKAN ALUN ALUN PURWOREJO MENJADI TEMPAT REFRESING

Senin, 1 Agustus 2016 | 13:35:22

Diwaktunya yang sibuk, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menyempatkan diri berjalan-jalan sore mengitari alun-alun Purworejo. Bupati yang juga menggandeng pengusaha penataan taman, melihat-lihat kondisi alun-alun dan sekelilingnya. Sesekali Bupati menjelaskan kepada pengusaha, kedepan alun-alun akan dibuat lebih indah, nyaman dan menyenangkan. 

“Saya ingin alun-alun bisa menjadi tempat refresing untuk masyarakat Purworejo semua usia mulai anak-anak, dewasa, hingga yang lanjut usia. Untuk fasilitas wifi, alhamdulillah sudah tersedia dan sudah dimanfaatkan masyarakat. Yang diperlukan lagi penataan taman dialun-alun,” ungkap Bupati sambil menunjuk alun-alun sisi selatan, di Rabu sore (27/7).  Ikut mendampingi empat orang dari Pengusaha Yogyakarta yang dipimpin Aji.



SOSIALISASI EMPAT PILAR KEBANGSAAN

Senin, 25 Juli 2016 | 14:28:42

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Halaman Pendopo Kabupaten Purworejo, akhir pekan lalu. Pagelaran wayang kulit ini digelar dalam rangka sosialisasi empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD Negara RI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki Sunarno Aji Prabowo asal Grabag Purworejo itu membawakan lakon “Banjaran Bolodewo”.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Kapolres Purworejo AKBP Satriyo Wibowo SIK, dan Kepala SKPD se Kabupaten Purworejo. Sedangkan, para anggota DPR/MPR RI yang hadir diantaranya, Dr Bambang Sadono SH MH sebagai anggota DPD MPR RI, Drs H Zulfikar Akhmad sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, dr H Abdul Kharis Al Masyari sebagai anggota DPR RI Fraksi PKS, Ir H Hari Purnomo sebagai anggota DPR RI Fraksi Gerindra,

Dr Bambang Sadono SH MH mengatakan, sosialisasi empat pilar melalui gelaran seni budaya wayang kulit memiliki kelebihan tersendiri. Karena disampaikan oleh seorang seniman yang menguasai bahasa dan budaya daerah biasanya lebih komunikatif. Diharapkan, pesan empat pilar kebangsaan dapat dipahami oleh masyarakat.



MENPAN-RB MENINJAU LOKASI BENCANA TANAH LONGSOR

Jumat, 24 Juni 2016 | 13:39:03

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi bersama rombongan meninjau lokasi bencana tanah longsor di Dukuh Caok Desa Karangrejo Kecamatan Loano dan Desa Donorati Kecamatan Purworejo, Kamis (23/6). Dilokasi, menpan memberikan bantuan berupa paket sembako senilai Rp 35 juta, yang diprioritaskan untuk keluarga PNS yang menjadi korban bencana tanah langsor.Ikut menampingi, Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, beserta Dandim 0708 Purworejo, Kepala BKD Purworejo, Kepala Dindikbudpora Purworejo dan Direktur Utama Bank Jateng.Sebelumnya, Yuddy bersama rombongan mengunjungi Mapolres Purworejo dan SMAN 1 Purworejo serta menyempatkan waktu melihat bedug raksasa dan menyapa masyarakat Purworejo, setelah melaksanakan Sholat Dzuhur berjamah di Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo.

 



PASAR MURAH DISERBU WARGA

Kamis, 16 Juni 2016 | 11:14:12

Dalam rangka menyambut bulan ramadhan dan idul fitri, Pemkab Purworejo kembali menggelar pasar murah di 16 kecamatan mulai 13 Juni 2016 hingga 1 Juli 2016. Kecamatan Purwodadi mengawali kegiatan pasar murah, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hatuti SH, di Halaman Kantor Kecamatan Purwodadi, Senin (13/6). Ratusan warga masyarakat terlihat antusias menyambut hadirnya pasar murah diwilayah mereka.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dalam sambutannya mengatakan, pasar murah merupakan salah satu upaya untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dalam sehari-hari. Terlebih karena kenaikan harga barang-barang yang terjadi pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Ia berharap keberadaan pasar murah dapat tepat sasaran, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari warga masyarakat.

“Saya berharap keberadaan pasar murah ini benar-benar tepat sasaran dalam artian dibeli oleh warga masyarakat yang memang daya belinya relatif rendah, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai pasar murah ini justru menjadi ajang aksi borong segelintir orang, untuk memperoleh kepentingan pribadi, sehingga mereka yang membutuhkan justru tidak kebagian,” tegasnya.



BAPAK BUPATI TINJAU KONDISI PANTAI JATI MALANG YANG TERKENA OMBAK BESAR

Kamis, 9 Juni 2016 | 14:22:27

Bupati Purworejo Agus Bastian SE meninjau kondisi terakhir daerah yang terkena dampak dari ombak besar di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Rabu sore (8/6). Gelombang tinggi sejak Selasa malam (7/6) hingga Rabu pagi (8/6) melanda tiga pantai di pesisir selatan Purworejo, yaitu Pantai Jatimalang, Jatikontal dan Keburuhan. Ketinggian gelombang mencapai 4 meter lebih.

Ikut mendampingi, Kepala BPBD Purworejo Drs Budi Harjono, Kabag Humas Setda Purworejo Drs Joko Saptono, Kepala DPPKP Ir Dri Sumarno, Kasi Pengembangan Kerjasama dan Pemasaran Dinkoperindagpar Dyah Woro Setyaningsih SSos MM dan Muspika Kecamatan Purwodadi.Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, setelah melihat beberapa kerusakan yang terjadi, mengatakan, pihaknya akan melakukan penataan kembali kawasan Pantai Jatimalang. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kondisi tempat-tampat  wisata di Kabupaten Purworejo.



BAHAN KEBUTUHAN POKOK SELAMA RAMADHAN MENCUKUPI

Senin, 6 Juni 2016 | 15:31:51

Bulan Ramadhan dan Idul Fitri yang rutin hadir setiap tahun juga senantiasa disiapkan Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui dinas instansi terkait untuk melayani masyarakat dari sisi kesediaan pangan, BBM. gas LPG, pemantauan harga, keamanan masyarakat, kesiapan jalan, hingga pelayanan kesehatan.  Kesiapan itu dibahas dalam Rapat koordinasi (Rakor) persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437/2016, dengan melibatkan Dinkoperindagpar, Dishubkominfo, Bagian Kesra, Polres, dan Satpol PP, di Ruang Arahiwang Setda pada Kamis ( 2/5).

Seperti yang disampaikan Kepala Dinkoperindagpar  Dra.Suhartini MM, untuk stok pangan, Bahan bakar minyak, dan Gas LPG diperhitungkan mencukupi di bulan Ramadhan dan Idul fitri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Purworejo. Yakni komoditi kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) sebanyak 13 jenis antara lain, beras, daging sapi, daging ayam  pedaging, daging ayam kampong, telur tepung, minyak goring, gula pasir, cabai merah besar, cabai keriting, cabai rawit merah, bawang merah  dan bawang putih.  Sedangkan BBM di Purworejo terdapat 14 SPBU yang dipastikan stok cukup.



PANTAU HARGA KEBUTUHAN POKOK BUPATI PURWOREJO LAKUKAN SIDAK

Jumat, 3 Juni 2016 | 10:02:25

Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, bersama FKPD melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga lokasi pasar baik di Purworejo maupun di Kutoarjo, Selasa (31/5). Tiga pasar yang dikunjungi yakni Pasar Pagi Suronegaran, pasar beras teteg Kutoarjo dan Pasar Induk Kutoarjo. Sidak yang dilakukan Pemkab Purworejo itu, dilakukan guna mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan Ramadhan.

“Kita melihat harga-harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan. Tapi ternyata menjelang Ramadhan yang masih seminggu lagi, harga kebutuhan pokok saat ini masih normal. Tetapi mendekati puasa nanti mungkin barangkali juga akan mengalami kenaikan. Mudah-mudahan saja kenaikannya tidak terlalu signifikan,” kata Bupati sesaat setelah selesai melakukan sidak.



RSUD AKAN BANGUN RUANGAN RAWAT INAP 2 LANTAI

Senin, 30 Mei 2016 | 15:11:48

Direktur RSUD dr.Tjitrowardojo Drg.Gustanul Arifin M.Kes menjelaskan, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai misi Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, untuk mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai Kabupaten yang unggul di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan. Maka RSUD akan membangun gedung tambahan sebagai pemenuhan kekurangan ruang untuk rawat inap 2 lantai. Hampir semua kamar rawat inap dari kelas Paviliun, VIV, utama, hingga kamar rawat inap kelas 3, melebihi kapasitas. Seharusnya penggunaannya maksimal 60 sampai 80 persen.

 

“Namun pada kenyataannya telah mencapai lebih dari 80 persen bahkan sampai 90 persen lebih. Juga pentingnya sterilisasi ruangan sebelum dipakai pasien baru. Maka kami berupaya untuk menambah kamar, agar pasien dapat terlayani dengan sebaik-baiknya,” papar Gustanul Arifin dalam Forum perangkat daerah penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Dr.Tjitrowardojo Purworejo 2016-2021, di auditorium lanati II RSUD Dr. Tjitrowardojo pada Jum’at (26/5).



BNI MENANDATANGANI MOU UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI DAERAH

Sabtu, 21 Mei 2016 | 13:05:23

Sebagai upaya dalam pemberdayaan ekonomi daerah Pemerintah Kabupaten Purworejo melakukan kerjasama yang dituangkan dalam kesepakatan bersama. Penandatanganan nota kesepakatan bersama dilakukan antara Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dan Pemimpin Kantor cabang utama Magelang PT BNI Persero Agus Alfiansyah, di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Kamis (19/2). Disamping MoU, BNI juga menyerahkan bantuan CSR bencana alam sebesar Rp. 115.720.000. Hadir pula Sekda Purworejo, Asisten Sekda, sejumlah pejabat BNI, dan dinas instansi terkait.

Bupati menyambut baik dilaksanakannya kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Magelang. Mudah-mudahan kerjasama ini benar-benar bisa mendukung pelaksanaan pemberdayaan perekonomian daerah di Kabupaten Purworejo, melalui pemanfaatan produk dan jasa perbankan. “Saya juga menyampaikan terimakasih atas diserahkannya bantuan CSR dan tentu bantuan tersebut akan sangat membantu Saudara-saudara kita yang beberapa waktu lalu tertimpa musibah bencana alam,” tuturnya.



PROGRAM HARAPAN KELUARGA UNTUK UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN

Rabu, 18 Mei 2016 | 14:09:25

Upaya pengentasan kemiskinan terus digalakkan, diantaranya program yang dilaksanakan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Purworejo melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk menumbuhkan pemberdayaan warga sasaran PKH, Dinsosnakertrans memberikan bantuan peralatan untuk melakukan usaha. Yakni diberikan kepada lima Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH).

Lima kelompok penerima bantuan tersebut antara lain KUBE PKH Rukun Sejahtera Desa Tlogosono Kecamatan Gebang menerima bantuan berupa satu paket alat usaha penggemukan kambing jantan, pembuatan besek, dan menanam jahe. KUBE PKH Tunas Kelurahan Cangkrepkidul Kec.Purworejo berupa satu paket alat usaha warung kelontong, KUBE PKH Mekar Jaya Desa Ketangi Kec.Purwodadi berupa satu paket alat lat usaha serba ada, KUBE PKH Maju Bersama Desa Sambeng Kec.Bayan berupa satu paket alat usaha warung sembako, dan KUBE PKH Mawar Desa Brunorejo Kecamatan Bruno menerima bantuan berupa satu paket alat usaha pembuatan telur asin.



IBU YULI HASTUTI SH, WAKIL BUPATI PURWOREJO TERPILIH SEBAGAI KETUA PMI PURWOREJO

Sabtu, 14 Mei 2016 | 14:05:39

Pengurus PMI Kabupaten Purworejo periode 2016-2021 diisi wajah-wajah baru seperti terpilihnya sebagai Ketua Yuli Hastuti SH, Dewan kehormatan PMI dipercayakan kepada Drs.Bambang Aryawan MM, Angko Setyarso Widodo, Yopi Prabowo SH, dr.Sarosa, Harianto Riyadi. Sedangkan sebagai wakil ketua Drs. Bambang Susilo dan Drg.Ernawan Wahyu Cahyowinardi MM, yang akan dibantu sekretaris Dra.Indriyati Agung Rahayu MPd, bendahara Drs.Wasilin Spt MSc, dan juga 6 orang anggota yakni Andang Nugerahatara Sutrisno SSTP MSi, Dr.Sri Nuryanti, Ir.Budi Hartoyo, Tugiman Ekowijoyo, Drs.MGs Sukusyanto MM, dan Sigit Joko Purnomo S.IP MSi. Sejumlah 11 orang pengurus dan 5 orang Dewan Kehormatan tersebut dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah dr.H.Imam Triyadi MPH, di Gedung Wanita pada Jum’at (13/5). Hadir pula Bupati bersama FKPD, PMI Kabupaten Kota se eks Karesidenan Kedu, dan Dinas instansi terkait.

 



DISDUKCAPIL MELAKUKAN KERJASAMA DENGAN TP PKK DAN DELAPANJ RUMAH SAKIT

Rabu, 11 Mei 2016 | 12:57:16

Untuk mensuskseskan tertib administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo melakukan perjanjian kerjasama dengan TP PKK dan delapan rumah sakit. Perjanjian itu dituangkan melalui penandatangan MoU antara Kepala Disdukcapil Sukmo Widi Harwanto SH MM dengan Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari SE, dan delapan Direktur Rumah Sakit di Purworejo yakni RSUD dr.Tjitrowardojo, RSU PKU Muhammadiyah, RSU Aisyiyah, RSU Purwa Husada, RSU Palang Biru, RSIA Ananda, RSIA Kasih Ibu, dan RSIA Permata.

 



SELAMAT HARI KARTINI

Kamis, 21 April 2016 | 16:32:59

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengucapkan Selamat Hari Kartini, dengan harapan agar peringatan ini tidak sekedar menjadi kegiatan seremonial yang biasanya ditandai dengan asesoris sanggul dan kebaya. Namun peringatan ini hendaknya bisa dijadikan sebagai momentum menumbuhkan motivasi diri. “Untuk tampil sebagai Kartini-Kartini masa kini, yang turut serta berjuang dan berperan dalam pembangunan, tanpa melupakan kodrat sebagai perempuan,” tandas Wabup pada resepsi peringatan hari kartini di Pendopo Kamis (21/4).

Menurut Wabup, bulan April merupakan bulan yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita, karena tanggal 21 April merupakan peringatan hari lahirnya pejuang emansipasi wanita Indonesia yakni Raden Ajeng Kartini. Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan bersama, bahwa perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum wanita Indonesia agar dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan kaum pria, sungguh sangat luar biasa. Sehingga perjuangan dan api semangat RA Kartini telah membuahkan hasil yang sedemikian besar artinya bagi wanita Indonesia pada saat ini dan waktu yang akan datang.



BUPATI PURWOREJO AKAN TINJAU LIMA HARI KERJA

Rabu, 13 April 2016 | 13:51:50

Bupati Purworejo saat ditanya perihal isu yang berkembang dikalangan PNS, terkait penghapusan lima hari kerja dan kembali ke enam hari kerja mengatakan, akan mengkaji kembali kebijakan lima hari kerja. Pihaknya akan melihat sejauh apa efektifitas dari lima hari kerja dan enam hari kerja. “Saya kira belum, nanti akan kita kaji lagi. Itukan soal selera, kita gak mau ganti pejabat, ganti kebijakan, saya tidak ingin seperti itu. Saya akan melihat sejauh apa efektifitas dari lima hari kerja dan enam hari kerja,” terangnya sesaat setelah selesai meninjau kinerja enam SKPD, di Kantor Dinas Bupati Purworejo, Senin (11/4).



PELATIHAN PERANGKAT DESA MENGGUNAKAN KOMPUTER

Senin, 11 April 2016 | 14:54:36

Sebanyak 70 pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas sebagai perangkat desa, mendapat pelatihan teknis operator komputer. Pelatihan yang diikuti peserta dari berbagai desa di 16 kecamatan itu, dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Senin (11/4).

Wakil Bupati mengungkapkan bahwa seiring dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka pemerintah desa memiliki tanggung jawab dan otoritas lebih luas untuk mengelola urusan pemerintahan desa dan pelayanan publik.

“Lahirnya undang-undang ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi pembangunan desa, sehingga diharapkan mampu memotivasi kinerja pemerintah desa, agar bekerja lebih baik, akuntabel dan profesional, sesuai dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, sekaligus mendorong suksesnya pembangunan desa di segala bidang,” katanya.



BUPATI PURWOREJO MEMIMPIN UPACARA UNTUK PERTAMA KALI

Jumat, 18 Maret 2016 | 09:47:27

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM untuk kali pertama bertindak sebagai inspektur upacara (irup) 17-an, di halaman Setda Purworejo, Kamis (17/3). Dalam upacara yang dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Tri Handoyo MM, serta pejabat dan pegawai jajaran Setda, DPPKAD dan beberapa instansi lain itu, Bupati menyampaikan sambutan dalam bahasa Jawa. Karena Pemkab Purworejo memang merencanakan setiap hari Kamis akan menggunakan Bahasa Jawa.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan untuk menahkodai Kabupaten Purworejo. “Amanah punika badhe kula lampahaken kanthi sedaya upaya ingkang estu, rikat, lantip lan ikhlas kangge kamajengan lan katentreman masyarakat Kabupaten Purworejo. (Amanah tersebut akan kami respon dengan kerja keras, kerja cepat, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purworejo (red),” ungkapnya.



BUPATI PURWOREJO YANG BARU DILANTIK OLEH GUBERNUR JAWA TENGAH

Kamis, 18 Februari 2016 | 12:24:51

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo melantik Agus Bastian SE MM dan Yuli Hastuti SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, di lapangan Simpang Lima Semarang, Rabu (17/2). Pelantikan juga dilakukan kepada 17 kepala daerah di Jawa Tengah, yang merupakan hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu.

Sebelum pelantikan, bupati dan wakil bupati serta walikota transit di gedung DPRD Provinsi Jateng, dan secara bersama-sama yang akan dilantik melakukan konvoi. Arak-arakan beriringan meggunakan armada bus yang telah disediakan Pemprov Jateng menuju lokasi pelantikan yang berjarak kurang lebih 300 meter.



RENCANA RELOKASI KORBAN TANAH LONGSOR

Sabtu, 13 Februari 2016 | 11:14:15

Rumah tertimpa tanah longsor di Desa Penungkulan Kecamatan Gebang, akan direlokasi untuk dapat menjadi rumah yang layak dihuni. Relokasinya akan melibatkan instansi terkait, aparat pemerintahan desa dan masyarakat, dalam menentukan lokasi yang aman. Harapannya warga yang tertimpa musibah, dapat meneruskan kehidupannya untuk beraktivitas dengan menempati rumah yang layak.

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo Terpilih H Agus Bastian SE MM yang akan dilantik pada 17 Pebruari mendatang, ketika melakukan kunjungan di lokasi bencana tanah longsor Desa Penungkulan Kecamatan Gebang pada Rabu (10/2). Agus Bastian yang didampingi istri Fatimah Verena Prihastyari SE, datang dengan menggunakan mobil pribadi dari Yogyakarta, yang langsung diterima Kepala Desa Penungkulan Anang Sugiarto.



HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA KAGUMI WISATA PURWOREJO

Sabtu, 30 Januari 2016 | 14:13:55

Sekitar 200 orang dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jogja Tourist Guide Rider (Jaguar) Yogyakarta melakukan tour di sejumlah obyek wisata Kabupaten Purworejo. Mereka mengunjungi Gua Seplawan di Desa Donorejo, sert Curug Siklotok, Taman Sidandang, dan Rumah Budaya di Desa Kaligono. Perjalanan wisata diakhiri dengan menikmati debur ombak di Pantai Jatimalang.Dalam rangkaian kunjungan wisata itu PHI Jaguar juga didampingi Dinas pariwisata Yogyakarta, yang diterima Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata (Dikoperindagpar) Purworejo Dra Suhartini MM dan Kabid Pariwisata Purworejo Lilos Anggorowati SSos MM, di rumah budaya Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing, Rabu (27/1).



PJ BUPATI RESMIKAN RUMAH SAKIT ISLAM PURWOREJO

Kamis, 28 Januari 2016 | 10:54:23

Pj Bupati Purworejo, H Agus Utomo SSos, mengatakan, kesehatan menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting. Menurutnya dalam memberikan pelayanan kesehatan, yang paling penting adalah tidak membedakan golongan tertentu, semua golongan harus mendapat pelayanan kesehatan yang sama. “Yang penting adalah pelayanan tidak membedakan siapa itu orangnya, walaupun rumah sakit islam, bukan berarti yang berobat disini non islam tidak boleh, tentu semuanya boleh berobat disini,” katanya dalam acara peresmian Rumah Sakit Islam (RSI) Purworejo di Desa Loano, Kecamatan Loano, Selasa (26/1).

 



PERTUKARAN PELAJAR SMA PURWOREJO DENGAN SISWA SMA NEGARA MALAYSIA

Sabtu, 12 Desember 2015 | 12:40:08

SMA Negeri 6 Purworejo kembali mengirim siswanya untuk mengikuti program belajar di Malaysia. Untuk tahun ini, ada dua siswa yang dikirim yaitu Aulia Rahmawati yang duduk di kelas X dan Pitan Wirayugatama siswa kelas XI.Aulia Rahmawati merasa mendapatkan tambahan ilmu yang luar biasa dari pembelajaran di Malaysia. Ia merasa, pengalaman yang diperoleh bisa menjadi bahan pemikiran kedepan lebih kreatif dalam pembelajaran segala hal.



KAMPANYE 16 HARI TANPA KEKERASAN

Senin, 7 Desember 2015 | 15:00:30

Kaum perempuan dari berbagai organisasi wanita di Kabupaten Purworejo, melakukan kampanye 16 hari tanpa kekerasan terhadap anak dan perempuan. Bentuknya, dengan membagikan bunga di jalan-jalan protokol di kota Purworejo, Jum’at (4/12).Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke 16 DWP dan HUT ke 87 Hari Ibu tersebut, dipimpin Ketua DWP Kabupaten Purworejo Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo. Selain itu dihadiri pula Kabid P3A BKBPM Kenik Pujiningsih SH MM, Ketua Panitia Hari Ibu Ny Endang Trijoko Pranoto, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, didampingi sejumlah pengurus dan panitia.



DEBAT CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI PURWOREJO

Sabtu, 21 November 2015 | 13:35:38

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Puworejo kembali saling menunjukkan kemampuannya, dalam debat publik putaran  terakhir, di Gedung Wanita A Yani, Kamis (19/11). Masing-masing pasangan calon yang diberi waktu menjawab selama tiga menit, saling membagi waktu menjawab dengan saling melengkapi. Debat publik dibuka Ketua KPU Kabupaten Purworejo Drs Dulrokhim, dan dihadiri KPU Jateng, Ketua DPRD, Sekda, Asisten, beberapa camat, tim sukses masing-masing paslon, serta ratusan orang baik di dalam gedung dan di luar gedung. Debat publik tersebut dipandu Andreas Pandiangan MSi selaku moderator.

 



PJ BUPATI PURWOREJO MENJADI INSTRUKTUR UPACARA DALAM PERINGATAN HARI PAHLAWAN

Rabu, 11 November 2015 | 13:14:14

Pj Bupati Purworejo Agus Utomo SSos menjadi Inspektur Upacara dalam upacara pada peringatan hari Pahlawan 10 November 2015, yang dipusatkan di Alun-Alun Purworejo, Selasa (10/11). Hadir Unsur FKPD, Jajaran Pimpinan SKPD Kabupaten Purworejo, pimpinan BUMN – BUMD, pimpinan partai politik, ormas, para kepala sekolah, para pelajar serta tamu undangan yang lain.



KALIGESING MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA DESA

Senin, 26 Oktober 2015 | 11:44:03

Potensi alam dan sumber daya manusia di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing telah diramu menjadi sebuah kekuatan untuk mendatangkan sumber pendapatan asli desa. Keberadaan dua objek wisata unggulan yang dikelola Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) yakni Curug Siklotok di Dusun Jeketro dan Taman Sidandang di Dusun Kedungrante, telah mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.
 



SHOLAT ISTISQO AKAN DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 20 OKTOBER 2015

Sabtu, 17 Oktober 2015 | 14:06:34

Sebagai wujud kepasrahan sebagai hamba Allah SWT yang hanya bisa memohon pertolongan-Nya, bangsa Indonesia khususnya warga Kabupaten Purworejo yang saat ini terkena dampak kekeringan yang bekepanjangan, akan menggelar Sholat Istisqo’. Kegiatan yang diprakarsai oleh Pemda Kabupaten Purworejo ini, bertujuan untuk memohon akan ketersediaan air bersih. Seperti diketahui bersama, menurut BMKG diperkirakan musim hujan baru akan turun pada awal dan pertengahan bulan November 2015.



PURWOREJO KIRIM 40 ANGGOTA PENGGALANG UNTUK MENGIKUTI JAMDA

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 13:56:05

Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo mengirim 40 anggota pramuka penggalang, untuk mengikuti Jambore Daerah (Jamda) XIV tahun 2015 di Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggenuk Ungaran Kabupaten Semarang. Peserta yang terbagi dalam 4 regu terdiri 2 regu putera dan 2 regu puteri itu, secara resmi dilepas Ketua Kwarcab Purworejo yang diwakili Waka Binamuda Soekoso DM SPd, di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Purworejo, Kamis (30/7).

 



TINGKAT KEHADIRAN PNS MENCAPAI 93 PERSEN

Kamis, 23 Juli 2015 | 13:24:38

Setelah libur Hari Raya Idhul Fitri, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali melakukan aktifitas ditandai dengan apel pagi dihalaman Setda  Purworejo. Apel pagi pukul 07.30 tersebut, langsung dipimpin Sekda Purworejo didampingi seluruh pejabat struktural Setda dan DPPKAD pada Rabu (22/7). Masing-masing bagian menyebutkan jumlah dan nama yang tidak mengikuti apel.

 

 



MASA RAMADHAN BAPAK BUPATI TARLING KE KECAMATAN

Sabtu, 4 Juli 2015 | 13:41:04

Hari kesepuluh tarawih silaturohim Bupati Purworejo dan rombongan dilaksanakan di Masjid Al Maqomul Mahmud, Kecamatan Loano. Sebelum kultum oleh Qhotadak dari KUA Kecamatan Loano, diserahkan santunan kepada 10 anak yatim piatu dan 5 kaum duafa oleh Bupati Purworejo. Dalam kultumnya, dikatakan bahwa ada 2 kebahagiaan orang yang berpuasa. “Kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan saat bertemu Rabbnya”, jelasnya.

 

 



PENGELOLAAN ARSIP PEMDA PURWOREJO JUARA 1 PROPINSI

Jumat, 3 Juli 2015 | 10:44:26

Pengelolaan arsip di Kabupaten Purworejo, kembali menorehkan prestasi membanggakan. Setelah menjadi juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam lomba kearsipan daerah (LKD), saat ini berhasil masuk nominasi lima besar tingkat nasional.

 

Informasi tersebut diungkapkan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Purworejo melalui Kasi Akuisisi dan Pengelolaan Arsip Didik Budi Prasetyo SSos, Rabu (2/7). “Setelah masuk enam besar provinsi dan jadi juara I, kini masuk lima besar nasional mewakili Jawa Tengah,” ungkapnya.

 



RSUD AKAN GANTI NAMA

Sabtu, 27 Juni 2015 | 13:46:29

Dalam rangka mengenang dan melihat jasa-jasanya yang begitu besar dalam dunia kesehatan di Kabupaten Purworejo, nama dr Tjitrowardoyo akan dijadikan nama RSUD menggantikan nama RSUD Saras Husada. Hal ini diungkapkan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, pada saat tarhim di Masjid Jami’ Desa Dlangu Kecamatan Butuh, Rabu (24/6).

 



DONOR DARAH MASAL UNTUK STOCK RAMADHAN

Sabtu, 20 Juni 2015 | 13:30:01

Menjelang bulan Ramadhan, PMI Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kegiatan donor darah massal. Kegiatan donor darah diikuti ratusan orang sebagai pendonor rutin maupun pendonor baru, pada Selasa (16/6). Donor darah yang dipusatkan di Kantor KONI yang berlokasi di alun-alun utara Purworejo, dihadiri Wakil Ketua PMI Kabuapten Purworejo drg ErnawanWahyuWinardi MM, dr LinaKurniawati MPH, dr Saroso, dan semua petugas unit transfusi darah, serta Pramuka Kwarcab Purworejo . 


 



LOMBA KEARSIPAN DAERAH PURWOREJO MASUK 6 BESAR

Senin, 8 Juni 2015 | 12:58:21

Untuk kesekian kalinya Pemkab Purworejo mengikuti Lomba Kearsipan Daerah (LKD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2015 ini, Pemkab Purworejo masuk tahap seleksi 6 besar bersaing dengan Kabupaten Jepara, Cilacap, Sragen, Kendal, Kebumen. Untuk itu, Tim Penilai LKD Tingkat Provinsi Jateng berkunjung ke Purworejo untuk melakukan penilaian pada Kantor Arpusda dan Sekretariat DPRD, Rabu (3/6). 

 



BUPATI PURWOREJO TAMU KEHORMATAN STMD APMD YOGYAKARTA

Jumat, 5 Juni 2015 | 13:38:56

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, mendapat kehormatan untuk memberikan sambutan dalam Rapat Senat Terbuka STPMD APMD Yogyakarta, Sabtu (30/5). Bupati Purworejo merupakan satu-satunya kepala daerah yang diundang untuk memberikan sambutan, setelah pidato Ketua STPMD APMD Habib Muhsin SSos Msi.

 

 



PURWOREJO TUAN RUMAH GEBYAR PAUD SE JATENG

Senin, 1 Juni 2015 | 09:51:47

Kabupaten Purworejo menjadi tuan rumah ajang kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang diikuti 35 kabupaten se Provinsi Jawa Tengah.  Gebyar PAUD dibuka Bunda PAUD Jawa Tengah, yang diwakili DR Rini Budihastiti Sri Puryono, dilaksanakan di alun-alun Purworejo, Kamis (28/5). 
Hadir pula Direktur Pembinaan PAUD Ditjen PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mansur Simamora, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng  Drs Kartono MPd,  Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, Sekda Purworejo Drs Tri Handoyo MM, Bunda PAUD Purworejo Yaminah Suhar SH, Bunda PAUD kabupaten/kota se Jateng, dan dinas instansi terkait.